Sejak diluncurkan pada 2021, Karisma Event Nusantara berhasil mendorong peningkatan perekonomian daerah
Palu (ANTARA) - Festival Danau Poso yang merupakan salah satu festival yang berasal dari Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah kembali masuk dalam daftar Karisma Event Nusantara (KEN) 2024.
 
"Ini merupakan tahun kedua Kabupaten Poso berhasil masuk menjadi salah satu dari 110 Karisma Event Nusantara 2024 melalui Festival Danau Poso," kata Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang dalam keterangan tertulisnya di Palu, Minggu.
 
 
Bupati Poso bersama dengan Wakil Gubernur Sulteng Ma'mum Amir menghadiri peluncuran Karisma Event Nusantara 2024 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta pada Sabtu (27/1).
 
 
Dalam kesempatan itu, tarian tradisional Tamangkapah dari sanggar seni Lentera Tentena yang merupakan binaan dari Dinas Pariwisata Poso menjadi salah satu penampil utama.
 
 
Verna mengatakan bahwa masuknya Festival Danau Poso pada KEN 2024 adalah hasil dari kerja keras seluruh stakeholder atau instansi terkait dan masyarakat Kabupaten Poso.
 
 
Ia berharap festival ini dapat meningkatkan arus kunjungan wisatawan lokal, maupun mancanegara sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi di daerah itu.
 
 
Sementara itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan bahwa beragam acara dalam Karisma Event Nusantara, seperti Festival Danau Poso bertujuan untuk mempromosikan dan mengenalkan acara tersebut kepada masyarakat luas.
 
 
"Sejak diluncurkan pada 2021, Karisma Event Nusantara berhasil mendorong peningkatan perekonomian daerah," katanya.
 
 
Karisma Event Nusantara terdiri dari lima zona interaktif, yaitu zona budaya, zona seni, zona musik, zona karnaval, dan zona kuliner.
 
 
Untuk itu, dia berharap KEN 2024 yang menyajikan beragam kegiatan menarik di antaranya musik, budaya, seni karnaval, hingga kuliner agar dapat meningkatkan pergerakan wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.
 
 
"Harapannya adalah kelima zona ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan kepada pengunjung serta mempromosikan acara-acara KEN yang akan datang," kata Sandiaga Uno.

Baca juga: Guru Besar: Festival Danau Poso bukti nyata Poso aman dikunjungi

Baca juga: Kemenparekraf: FDP topang pencapaian target kunjungan wisatawan

Baca juga: Festival Danau Poso promosikan potensi wisata
Bupati Poso Verna G.M Inkiriwang (ketiga kiri) dan Wagub Sulteng Ma'mun Amir (keempat kiri) menghadiri gelaran peluncuran KEN 2024 di Jakarta, Sabtu (27/1/2024). (ANTARA/HO-Dokumentasi Kabupaten Poso)

Pewarta: Nur Amalia Amir
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024