Cilacap (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, mengharapkan para juara dalam ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia (MMGTI) 2024 turut mempromosikan potensi wisata dan budaya Cilacap ke kancah internasional.

"Saya mengapresiasi yang setinggi-tingginya kepada saudara Salsabilla atas pencapaian yang diraihnya," kata Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Cilacap Paiman saat menyambut kepulangan Juara 1 Miss Grand Tourism Indonesia 2024 Salsabilla Atmaja di Cilacap, Minggu sore.

Menurut dia, Salsabilla merupakan wanita muda berkarisma yang menjadi wakil Jawa Tengah dalam ajang MMGTI 2024 itu mampu membuktikan bahwa kualitas anak muda khususnya yang berasal dari Cilacap sangat berpotensi dan mampu bersaing.

Oleh karena itu, dia mengharapkan Salsabilla dapat turut mempromosikan pariwisata Cilacap khususnya dan Jawa Tengah umumnya ke seluruh wilayah Indonesia termasuk kancah internasional.

"Mari kita bersama-sama memajukan pariwisata Cilacap dan pariwisata menjadi sektor yang memberikan dampak positif lebih besar lagi," kata Paiman.

Sementara dalam sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Cilacap Jarot Prasojo, Penjabat Bupati Cilacap Awaluddin Muuri mengaku bangga atas keberhasilan dan prestasi yang diraih Salsabilla Atmaja karena bukan hanya menjadi Miss Grand Tourism Jawa Tengah 2023 dan Duta Wisata Cilacap Tahun 2020, juga menjadi Juara 1 Miss Grand Tourism Indonesia 2024.

"Hal ini tentu menjadi kebanggaan Kabupaten Cilacap sekaligus mempromosikan dan mengangkat citra pariwisata di Kabupaten Cilacap," katanya.

Ia mengharapkan kemenangan yang diraih Salsabilla dalam ajang MMGTI 2024 dapat memberikan pengaruh positif bagi generasi muda dan melestarikan budaya daerah.

Lebih lanjut, dia mengatakan Cilacap memiliki beberapa daya tarik wisata yang menarik dan potensial untuk dikembangkan, sehingga dapat memberikan manfaat nyata bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dalam hal ini, kata dia, dibutuhkan kerja sama dari seluruh komponen masyarakat khususnya generasi muda untuk berperan aktif dalam menyukseskan pembangunan di bidang pariwisata.

"Oleh karena itu, pada kesempatan ini saya mengajak generasi muda sebagai penerus pembangunan untuk berperan aktif dalam meningkatkan branding pariwisata bahagia," katanya.
Juara 1 Miss Grand Tourism Indonesia 2024 Salsabilla Atmaja dan Juara 1 Mister Grand Tourism Indonesia 2024 Vic Fadlin berfoto bersama di Cilacap, Minggu (28/1/2024) sore. ANTARA/Sumarwoto

Sementara itu, Salsabilla Atmaja mengatakan motivasi untuk mengikuti ajang MMGTI 2024 karena ingin memberikan kontribusi positif bagi kota kelahirannya, yakni Cilacap, juga untuk Jawa Tengah dan Indonesia secara umum.

"Alhamdulillah saya terpilih dan akan mewakili Indonesia dalam ajang internasional. Kemudian motivasi saya selanjutnya adalah saya juga ingin berprestasi selagi saya masih muda, ingin menjadi inspirasi bagi generasi muda yang lain untuk membangun pariwisata di Indonesia," katanya didampingi Juara 1 Mister Grand Tourism Indonesia 2024 Vic Fadlin yang merupakan wakil Jawa Barat.

Saat mengikuti ajang MMGTI 2024, dia mengaku mengangkat potensi wisata alam dan kerajinan khas Cilacap khususnya seni kriya dari wilayah pesisir yang memanfaatkan kekayaan laut.

Terkait dengan program ke depan, dia mengatakan hal itu tidak hanya untuk mengangkat potensi wisata dan budaya Cilacap, juga Jawa Tengah dan Indonesia secara luas.

"Programnya itu terfokus ke desa wisata. Saya akan menyosialisasikan program sustainable tourism, yaitu wisata yang berdampak dalam jangka panjang, jadi tidak hanya keuntungan sesaat tapi berdampak jangka panjang untuk ekonomi, sosial, dan juga masyarakat," kata Salsabila.

Sementara itu, National Director MMGTI Gerino mengatakan ajang Mister Miss Grand Tourism Indonesia 2024 telah memasuki tahun kelima penyelenggaraan yang berpusat di Jakarta.

Menurut dia, pihaknya dipercaya oleh Asosiasi Pelaku Pariwisata Indonesia di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menangani acara selebrasi kepemudaan yang secara rutin tiap tahun mengadakan pemilihan di tingkat regional maupun nasional.

"Insya Allah, pemenang-pemenang kami setiap tahunnya akan diberangkatkan kembali untuk bertanding mewakili Indonesia di kancah internasional," katanya.

Dalam hal ini, kata dia, pihaknya memiliki beberapa lisensi ajang serupa tingkat internasional untuk tahun 2024 di antaranya Albania dan Filipina.

Menurut dia, pihaknya masih mempertimbangkan ajang internasional yang sekiranya cocok untuk Salsabilla Atmaja dan Vic Fadlin.

"Saat ini masih dalam pembahasan, kira-kira mana yang cocok," kata Gerino.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2024