Kulon Progo (ANTARA) - Calon Presiden Ganjar Pranowo menginginkan adanya kesetaraan dalam rancangan pembangunan untuk kelompok perempuan, anak-anak, serta penyandang disabilitas.

“Setiap kali kita menyiapkan rancangan pembangunan, maka sering kali ada yang tertinggal. Siapa mereka? Kelompok perempuan sering tertinggal, anak-anak sering tertinggal, lanjut usia sering tertinggal, khusus adalah kawan-kawan penyandang disabilitas. Maka, marilah kita perhatikan agar kesetaraan itu ada, termasuk dalam pendidikan,” katanya dalam acara Hajatan Rakyat Yogyakarta di Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu.

Khusus untuk penyandang disabilitas, secara konsep dan teori, perencanaan pembangunan ke depan yang inklusif terhadap kelompok tersebut tidak sulit untuk direncanakan.

Selama 10 tahun menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah, dia mengaku telah belajar kepada para penyandang disabilitas agar pemerintah lebih arif dalam merancang pembangunan, sehingga dapat menyejahterakan mereka.

“Ini (penyandang disabilitas) harus dengan tindakan khusus, tidak bisa disamakan dengan yang lain,” ucap Ganjar.

Karena itu, dia menilai penyandang disabilitas perlu mendapatkan perlakuan khusus dalam akses transportasi, evakuasi diri, pendidikan, keterampilan, pengembangan diri, hingga akses terhadap permodalan.

“Inilah yang menjadi perhatian kita dan kawan-kawan dari penyandang disabilitas, mereka menyampaikan masukan kepada saya. Masih banyak yang harus dikoreksi, termasuk tadi saya mengaku salah karena setiap kami di panggung, kami berpidato, kami gegap gempita selalu ada yang teriak-teriak (dari kalangan disabilitas yang tidak bisa mendengar). Saya sedih pada soal itu, maka tadi ada salah satu yang mengingatkan, maka kadang-kadang kami membayar dengan hal yang sederhana, kami turun dan mereka minta foto, rasanya itu sudah senang,” ungkap dia.

Kendati telah bersedia untuk foto bersama penyandang difabel tuli sebagai bentuk bayaran karena tidak menyediakan penerjemah tunarungu dalam kegiatan kampanye, Ganjar mengatakan perencanaan pembangunan yang inklusif untuk penyandang disabilitas akan disiapkan lebih arif lagi ke depannya.

"Tentunya, ini hanya kejutan sesaat (foto bersama dengan penyandang difabel tuli), tapi nanti yang berikutnya kita mesti lebih arif lagi untuk menyiapkan,” ujar dia.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024