Pangkalpinang (ANTARA) - Kanwil Kemenkumham Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyatakan Madu Teran Kabupaten Belitung Timur telah mengantongi sertifikat indikasi geografis (IG), untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap karakteristik dan kualitas madu tersebut.

"Kami telah menyerahkan sertifikat IG Madu Teran ini kepada Bupati Belitung Timur," kata Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM (Kadivyankumham) Kanwil Kemenkumham Babel Fajar Sulaeman Taman di Pangkalpinang, Senin.

Ia mengatakan IG Madu Teran Belitong Timur telah terdaftar pada 15 September 2023 dengan nomor pendaftaran IDG000000134. Pemilik IG ini yaitu Masyarakat Pelindungan Indikasi Geografis (MPIG) Madu Teran Belitong Timur yang berkedudukan di Manggar.

"Saat ini budidaya lebah madu heterotrigona itama yang dikenal masyarakat lokal dengan nama madu teran memang masih relatif baru dibudidayakan dan dikembangkan secara intensif di Kabupaten Belitung Timur," katanya.

Menurut dia meskipun terbilang baru, budidaya madu teran sudah memiliki konsumen yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia maupun di luar negeri. Dari hasil uji yang dilakukan, Madu Teran Belitong Timur memliki beragam kandungan seperti glukosa, kadar air, enzim diastase, keasaman, dan beberapa kandungan lainnya.

"Jumlah pembudidaya dan kapasitas produksi madu teran di Kabupaten Belitung Timur sudah cukup besar dan berkelanjutan," katanya.

Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto mengapresiasi pendaftaran IG Teran Belitong Timur yang penting dilakukan untuk mempromosikan produk unggulan daerah.

Ia mengatakan pendaftaran Indikasi Geografis juga merupakan upaya untuk melindungi dari penyalahgunaan, pemalsuan, serta membantu mempertahankan identitas khas wilayah tertentu. Indikasi Geografis (IG) juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang lebih besar.

"Dengan adanya label IG pada suatu produk, maka akan memberikan keyakinan kepada konsumen akan kualitas yang spesifik serta meningkatkan daya tarik pariwisata,” katanya.

Bupati Belitung Timur Burhanudin berterima kasih atas sinergi yang telah terjalin, sehingga IG Madu Teran Belitong Timur dapat terdaftar.

"Saya mengajak stakeholder dan masyarakat Belitung Timur untuk saling berkomitmen bersama dalam mewujudkan Belitung Timur bangkit dan berdaya," katanya.

Baca juga: Kanwilkumham Jatim serahkan sertifikat IG kepada Bupati Pasuruan
Baca juga: Pemkab Mamuju perjuangkan Tenun Sekomandi dapatkan Sertifikat IG

Pewarta: Aprionis
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024