Jakarta (ANTARA) -
Kehamilan merupakan perjalanan yang unik dan transformatif bagi perempuan, namun bagi sebagian perempuan, hal ini dapat menjadi rumit karena adanya kondisi medis yang mengkategorikan kehamilan mereka sebagai "berisiko tinggi".
 
Dalam kasus tersebut, proses melahirkan harus dipertimbangkan secara hati-hati, termasuk pilihan untuk melahirkan di air atau waterbirth.
 
Meskipun melahirkan di air sering kali dianggap aman dan alami untuk kehamilan berisiko rendah, kesesuaian metode ini untuk kehamilan berisiko tinggi memerlukan evaluasi yang lebih mendalam.
Ditulis laman Hindustan Times, Minggu (28/1) waktu setempat, Ginekolog Senior dan Ahli Obstetri Dr Aruna Kalra mengatakan kehamilan berisiko tinggi mencakup berbagai kondisi, seperti preeklamsia, diabetes gestasional, kehamilan ganda (kembar atau lebih), dan kondisi medis yang sudah ada sebelumnya seperti hipertensi atau penyakit jantung yang memerlukan pemantauan ketat.
 
"Kondisi ini memerlukan pemantauan ketat dan perawatan khusus selama kehamilan, persalinan, dan persalinan. Melahirkan di air untuk kehamilan berisiko tinggi adalah topik yang kompleks dan kelayakannya bergantung pada berbagai faktor," katanya.
 
Beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan bagi ibu hamil berisiko yang ingin melakukan waterbirth diantaranya adalah berkonsultasi dengan dokter kandungan yang memiliki spesialisasi dalam perawatan risiko tinggi. Mereka dapat menilai kondisi spesifik dan mendiskusikan kelayakan waterbirth.
 
Selain itu keputusan untuk melahirkan di air harus dibuat berdasarkan individu. Tingkat keparahan dan stabilitas kondisi akan dipertimbangkan. Pemantauan terus menerus terhadap tanda-tanda vital bayi dan ibu sering kali diperlukan selama persalinan pada kehamilan berisiko tinggi. Melahirkan di air mungkin tidak cocok jika pemantauan ketat diperlukan.
 
Dr. Aruna menyimpulkan keputusan untuk melakukan waterbirth pada kehamilan berisiko tinggi merupakan keputusan rumit yang bergantung pada beberapa faktor. Keselamatan ibu dan bayinya tetap menjadi prioritas utama.
 
Meskipun melahirkan di air terkenal karena kualitasnya yang alami dan menenangkan, persalinan di air mungkin tidak selalu menjadi pilihan teraman dalam skenario berisiko tinggi.
 
Pada akhirnya, kesesuaian waterbirth untuk kehamilan berisiko tinggi ditentukan berdasarkan kasus per kasus, dengan mempertimbangkan keadaan individu dan bimbingan dari spesialis layanan kesehatan.
 
Ibu hamil harus terlibat dalam diskusi terbuka dan terinformasi dengan penyedia layanan kesehatan mereka untuk membuat pilihan terbaik untuk situasi unik mereka, memastikan kedatangan anak-anak mereka yang berharga dengan selamat.

Baca juga: Perempuan Kanada pilih "waterbirth" di Turki

Baca juga: Lihat proses melahirkan, Chicco Jerikho makin sayang istri

Baca juga: Dokter kandungan: ibu hamil harus kontrol konsumsi hati

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2024