Jakarta (ANTARA) - Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo memberi tantangan kepada tim yang menjuarai ajang MABAR Jaktim Mobile Legend Tournament 2024 yang berlangsung di PGC, Jakarta, Minggu (28/1).

“Juara di MABAR Jaktim Mobile Legend Tournament ini akan saya pertemukan dengan tim profesional,” kata Menpora Dito saat memberi sambutan acara binaan Lembaga Pengelola Dana dan Usaha Keolahragaan (LPDUK) Kemenpora, dalam pernyataan yang diterima pewarta.

Menpora Dito menegaskan bahwa LPDUK terus didorong untuk menjadi bagian penting dalam ekosistem industri olahraga nasional. Beririsan dengan hal itu, esport kini telah tumbuh menjadi salah satu cabang olahraga yang memiliki potensi industri olahraga yang besar.

Ia juga mengingatkan bahwa prestasi atlet esport Indonesia cukup baik di berbagai level, mulai regional, Asia, sampai dunia.

Dengan adanya turnamen tersebut, kata Dito, akan lahir bibit-bibit atlet esport yang dapat diandalkan untuk mengharumkan nama Indonesia pada masa yang akan datang.

“Turnamen seperti MABAR Jaktim Mobile Legends ini saya harapkan terus digaungkan LPDUK ke beberapa daerah karena pada April LPDUK akan menggelar ajang yang lebih besar di GBK Arena, yang dapat menghadirkan 20.000 orang,” kata Dito.

“Jadi kita harus mencari bibit dari akar rumput dengan menggelar MABAR Mobile Legends Tournament ini ke daerah-daerah demi mendapatkan bibit-bibit potensial yang akan kita turunkan di kejuaraan internasional nanti,” tambahnya.

Baca juga: ONIC Esport keluar sebagai juara trofeo GEMAZ Fest 2024

Dalam kesempatan itu, Plt Direktur LPDUK Ferdinand Kamariki Tangkudung menyatakan ia bersama jajarannya akan berusaha keras untuk memenuhi harapan dan tugas dari Menpora.

“Tugas khusus LPDUK dari Menpora adalah membentuk ekosistem industri olahraga di air. MABAR Jaktim ini merupakan salah satunya,” kata Ferdinand.

Ajang MABAR di Jakarta Timur tersebut mempertandingkan gim Mobile Legend. Terdapat 22 tim yang mengikuti ajang ini dengan memperebutkan total hadiah sebesar Rp25 juta.

Selain turnamen Mobile Legends, terdapat pula kompetisi hiburan coswalk yang menampilkan para penampil dengan mengenakan kostum cosplay.

Baca juga: BPK PENABUR gelar turnamen esport PESTA untuk wadahi minat siswa
Baca juga: PB ESI nilai Generasi Top Series mampu jadi wadah talenta-talenta baru


Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024