Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari data visual dan instrumental maka Gunung Lewotobi Laki-laki diturunkan dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga), terhitung mulai tanggal 29 Januari 2024 pukul 12.00 WITA
Wulanggitang (ANTARA) - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) telah menurunkan status aktivitas Gunung Lewotobi Laki-laki di Flores Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), dari Level IV atau Awas menjadi Level III atau Siaga.

"Berdasarkan hasil analisis dan evaluasi secara menyeluruh dari data visual dan instrumental maka Gunung Lewotobi Laki-laki diturunkan dari Level IV (Awas) ke Level III (Siaga), terhitung mulai tanggal 29 Januari 2024 pukul 12.00 WITA," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam keterangan resmi yang diterima di Wulanggitang, Flores Timur, Senin.

Dari pengamatan secara visual dan kegempaan yang dilakukan pada periode selama 23 Januari hingga 29 Januari 2024 tercatat aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki cenderung menurun.

Hal itu diperinci dari tinggi kolom erupsi yang menurun dari rata-rata 1.500 meter di atas puncak menjadi 500 meter di atas puncak. Lalu pergerakan aliran lava di arah timur laut teramati melambat karena berkurangnya suplai magma dan telah mencapai daerah topografi yang landai.

Baca juga: PVMBG ingatkan potensi ancaman erupsi Gunung Lewotobi Laki-Laki

Awan panas guguran memang masih terjadi, kata dia, namun dengan jarak luncur rata-rata satu kilometer (km) dan maksimal dua km dari pusat erupsi. Selanjutnya gempa-gempa pada periode itu didominasi oleh gempa permukaan yang menandakan magma sudah mencapai permukaan dan sebagian keluar dari kawah.

Terekamnya gempa hibrid menunjukkan terjadinya pertumbuhan kubah lava dengan laju rendah. Selain itu penurunan intensitas gempa vulkanik dalam dari periode sebelumnya mengindikasikan penurunan suplai magma.

Gempa hembusan dan tinggi kolom asap juga mengalami penurunan, demikian pula dengan gempa low frequency sehingga pergerakan magma ke permukaan juga turun.

"Jumlah gempa erupsi menurun dari 15-25 kejadian setiap hari, saat ini tiga sampai lima kejadian setiap hari, dan gempa tremor tidak terekam sejak 24 Januari 2024," kata Hendra.

Baca juga: PVMBG sebut aktivitas vulkanik Gunung Lewotobi Laki-laki mulai menurun

Atas penurunan status aktivitas gunung itu, PVMBG memberikan rekomendasi terbaru bagi masyarakat terkait jarak aman.

Ia meminta masyarakat di sekitar Gunung Lewotobi Laki-laki dan pengunjung atau wisatawan tidak melakukan aktivitas apapun dalam radius empat km dari pusat erupsi, serta sektoral lima km pada arah utara-timur laut, dan enam km pada sektor timur laut

"Masyarakat agar tenang dan mengikuti arahan pemerintah daerah serta tidak mempercayai isu-isu yang tidak jelas sumbernya," ucap Hendra. 

Baca juga: KPH Flores Timur memprakirakan 420 ha lahan hutan terbakar aliran lava

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024