WASHINGTON, 3 September 2013 (ANTARA/PRNewswire) -- Yayasan Kakao Dunia (WCF) hari ini mengumumkan pembukaan pendaftaraan tenaga peneliti untuk proyek riset produktivitas pertanian dan kualitas kakao di Indonesia Timur. Tim peneliti proyek riset ini, yang bertujuan meningkatkan taraf hidup para petani kakao Indonesia, akan mendapat hadiah sebesar 60.000 dolar. Program yang akan berjalan selama tiga tahun ke depan ini didukung sepenuhnya Ford Foundation melalui Dana Penyuluhan & Riset Terapan Kakao Indonesia. 

     "Dengan berkonsentrasi pada riset terhadap kualitas hasil pertanian jangka panjang dan meningkatkan taraf hidup para petani kakao dan keluarga merupakan misi utama yang diemban oleh Yayasan Kakao Dunia," ungkap Bill Guyton, Presiden WCF. Kami sangat bersyukur dapat bekerjasama dengan Ford Foundation untuk memperluas operasi kami di Indonesia, untuk meningkatkan inovasi, dan memperkuat hubungan antara petani, layanan penyuluhan, dan ilmuwan."

     Empat paket donasi masing-masing senilai 60.000 dolar akan diberikan kepada empat tim peneliti  Indonesia, baik dari lembaga peneliti, universitas, maupun LSM. Rincian pedoman pengajuan dapat ditemukan di situs WCF:  worldcocoafoundation.org/indonesia-grants-program-2013. The application period is open through October 1, 2013. Periode pembukaan pendaftaran berakhir pada tanggal 1 Oktober 2013.

     Misi proyek ini ialah untuk meningkatkan taraf hidup para petani kokoa dan keluarga dan kualitas kakao, mendorong penerapan teknologi atau hasil penelitian langsung ke ladang-ladang kakao dengan keterlibatan aktif dari para petani, dan mengembangkan layanan penyuluhan terhadap bahan-bahan tambahan dan pelatihan. 

     Indonesia merupakan produsen kakao terbesar ketiga di dunia, sehingga kakao adalah sumber  penghidupan penting bagi ribuan rakyat Indonesia. Petani golongan kecil setidaknya menghadapi tiga masalah utama: pengendalian hama dan penyakit, penuaan kebun kakao, dan kualitas produksi kakao. Dana Penyuluhan & Riset Terapan Kakao Indonesia tengah mencari proposal riset yang tepat untuk menghadapi tantangan-tantangan tersebut dan meningkatkan penerapan teknologi pada tingkat pertanian.      


Sekilas tentang WCF

     WCF adalah yayasan keanggotaan internasional yang meningkatkan ekonomi kakao  berkesinambungan dengan menyediakan perangkat pertanian yang dibutuhkan oleh para petani kakao  untuk menghasilkan kakao yang baik, memasarkannya, dan pada akhirnya, memperoleh  manfaat seoptimal mungkin. Usaha-usaha ini pada akhirnya dapat membantu meningkatkan pasokan  kakao dan menjamin para pecinta coklat dapat menikmati produk-produk coklat favorit mereka.  Jumlah anggota WCF mencapai lebih dari 100 produsen, pengolah, pengelola rantai pasokan, dan  perusahaan kakao dan coklat lainnya di seluruh dunia, yang merepresentasikan lebih dari 80 persen pasar kakao global. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi  www.worldcocoa.org

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013