Serang (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), memprakirakan cuaca wilayah Banten berpotensi dilanda hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari 30 Januari 2024.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Kelas I Serang Tatang Rusmana, di Serang, Selasa, mengatakan cuaca wilayah Banten berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari dengan suhu udara rata-rata 24-34 derajat Celsius dan tingkat kelembapan 65-95 persen.
 
Selain itu, kata dia, angin bergerak dari arah barat daya hingga barat laut dengan kecepatan 5-30 kilometer per jam.
 
Ia mengatakan wilayah Banten yang berpotensi hujan dengan intensitas ringan dan sedang pada siang hari terjadi di delapan daerah yakni Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kota Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Cilegon.
 
Selanjutnya pada pagi hari cuaca di wilayah Banten berawan hingga hujan.

Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat hingga sangat lebat di sejumlah provinsi
 
BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan lebat disertai angin kencang dan petir yang terjadi wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Tangerang, Kota Serang, dan Kabupaten Serang.
 
Menurutnya, peluang cuaca buruk tersebut pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam hidrometeorologi, seperti banjir, longsor, angin kencang, dan gelombang tinggi.
 
Selain itu juga BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kepada pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Samudera Hindia selatan Banten, dan Selat Sunda bagian selatan, karena tinggi gelombang di perairan itu berkisar 1,25 meter sampai 2,50 meter (sedang).
 
Untuk penyeberangan Merak (Banten) dan Bakauheni (Lampung), kata dia,  relatif normal serta aman dengan tinggi gelombang Perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter (rendah).

Baca juga: BMKG: Waspada ombak hingga 4 meter di perairan RI sampai 1 Februari
Baca juga: Pemprov Banten petakan lima ruas jalan rawan longsor di Lebak 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024