Di Kabupaten Berau yang terdeteksi dua titik tersebar di Kecamatan Segah dan Talisayan, keduanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah
Balikpapan (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Balikpapan mendeteksi adanya penurunan jumlah titik panas di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yakni dari 77 titik pada 28 Januari menjadi 48 titik pada 29 Januari 2024. 

"Sebanyak 48 titik panas pada Senin (29/1) kemarin, berdasarkan hasil pemantauan mulai pukul 01.00 hingga 24.00 WITA," ujar Koordinator Bidang Data dan Informasi Stasiun Kelas I Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan BMKG Balikpapan Diyan Novrida di Balikpapan, Selasa.

Informasi sebaran titik panas itu, lanjutnya, sudah disampaikan ke pihak terkait, termasuk ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) tingkat provinsi dan kabupaten agar dapat dilakukan tindakan lebih lanjut.

Ia mengatakan saat ini memang sudah memasuki musim hujan, namun masih ada sejumlah kawasan yang tidak terjadi hujan dalam beberapa hari yang bisa menyebabkan daun dan ranting di hutan maupun lahan yang mengering, sehingga mudah terbakar.

Meski jumlah titik panas mengalami penurunan, namun ia mengimbau semua pihak untuk selalu waspada dan sama-sama mencegah agar tidak terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), seperti tidak melakukan pembakaran di hutan maupun lahan.

Baca juga: BMKG: Tetap waspada, masih ada 13 titik panas di Kaltim

"Sebanyak 77 titik panas yang terpantau pada Minggu (28/1) tersebut tersebar di empat kabupaten yakni Paser (5) titik, Kutai Barat (2), Kutai Timur (53), dan Kabupaten Kutai Kartanegara (17) titik panas," kata Diyan.

Sedangkan 48 titik panas yang terpantau sepanjang Senin kemarin, lanjutnya, tersebar di empat kabupaten yakni Kutai Barat (2), Kutai Timur (36), Kutai Kartanegara (8), dan Kabupaten Berau (2).

Rinciannya adalah di Kabupaten Kutai Barat tersebar di Kecamatan Melak dan Dilangputi, keduanya memiliki tingkat kepercayaan menengah. Sedangkan di Kutai Timur tersebar di sembilan kecamatan yakni Bengalon (18), Busang (1), Kaubun (1), Kongbeng (1), Long Mesangat (1), Muara Ancalong (2), Muara Wahau (1), Rantau Pulung (1), dan Kecamatan Telen (10) titik, dengan tingkat kepercayaan menengah.

Kemudian di Kutai Kartanegara tersebar di lima kecamatan yakni Kembang Janggut (1), Kenohan (2), Kota Bangun (2), Marangkayu (1), Muara Muntai (1), dan Kecamatan Samboja (1), dengan tingkat kepercayaan menengah.

"Di Kabupaten Berau yang terdeteksi dua titik tersebar di Kecamatan Segah dan Talisayan, keduanya juga memiliki tingkat kepercayaan menengah," kata Diyan.

Baca juga: BMKG: 28 titik panas terdeteksi di Kaltim
Baca juga: BMKG: Waspada hujan lebat hingga sangat lebat di sejumlah provinsi


 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024