Sudah diambil alih penanganan-nya oleh Bawaslu Jabar
Tasikmalaya (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Tasikmalaya sudah selesai dan menghentikan proses penanganan kasus dugaan pelanggaran kampanye Pemilu 2024 oleh mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil (RK) di Kecamatan Cipatujah, untuk selanjutnya ditangani langsung oleh Bawaslu Jabar.

"Sudah diambil alih penanganan-nya oleh Bawaslu Jabar," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya Dodi Juanda saat dihubungi melalui telepon seluler di Tasikmalaya, Selasa.

Ia menuturkan Bawaslu Tasikmalaya selama ini sudah melakukan pendalaman dengan memintai keterangan sejumlah saksi terkait kasus dugaan pelanggaran kampanye RK mengkampanyekan calon presiden dan wakil presiden nomor 2 dalam acara Jambore Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) di Kecamatan Cipatujah, 13 Januari 2024.

Adanya temuan di lapangan itu, kata Dodi, Bawaslu Kabupaten Tasikmalaya langsung bergerak cepat melakukan konfirmasi kepada panitia penyelenggara, termasuk BPD terkait keberadaan RK dalam acara tersebut dan melakukan kampanye.

Baca juga: Bawaslu Jabar telusuri dugaan pelanggaran kampanye oleh Ridwan Kamil

Baca juga: Bawaslu Jabar cecar Emil dengan 30 pertanyaan terkait pelanggaran


Penanganan kasus tersebut, lanjut dia, akhirnya dihentikan dan selesai karena ada laporan dengan tuduhan serupa dan terlapor yang sama terkait RK, sehingga penanganan-nya tidak lagi di Bawaslu Tasikmalaya, melainkan oleh Bawaslu Jabar.

"Karena ada laporan di Bawaslu Jabar terkait kasus yang sama. Jadi diregistrasi-nya oleh Bawaslu Jabar," ucapnya.

Ia menyampaikan hasil dari pendalaman Bawaslu Tasikmalaya dengan mengumpulkan bukti-bukti dan juga keterangan saksi terkait RK berkampanye di acara kegiatan Jambore BPD di Cipatujah itu sudah diserahkan ke Bawaslu Jabar.

Bawaslu Jabar dan Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Jabar, kata dia, sepekan lalu juga datang ke Kabupaten Tasikmalaya untuk menindaklanjuti kasus dugaan pelanggaran mantan Gubernur Jabar dalam acara tersebut.

Baca juga: Bawaslu Jabar ungkap ada fakta Ridwan Kamil melakukan saweran di Tasik

Baca juga: RK apresiasi langkah Bawaslu Jabar periksa dirinya terkait pelanggaran


"Minggu kemarin dari Bawaslu Jabar dan Gakkumdu turun ke Kabupaten Tasikmalaya," imbuhnya.

Sebelumnya video yang menayangkan RK di acara Jambore BPD di Kecamatan Cipatujah, 13 Januari 2024 tersebar di kalangan masyarakat, dan juga media sosial. Adanya kejadian itu sejumlah pihak melaporkannya ke Bawaslu Tasikmalaya dan juga Bawaslu Provinsi Jabar.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024