Cianjur (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, berkoordinasi dengan TNI/Polri dalam pengawalan pendistribusian logistik Pemilu 2024 hingga ke titik akhir di gudang Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) termasuk pengamanan hingga pendistribusian ke TPS.

Ketua KPU Cianjur, M Ridwan di Cianjur Selasa, mengatakan pendistribusian logistik untuk pemilihan serentak tanggal 14 Februari, akan berjalan mulai tanggal 5 Februari dengan target wilayah paling ujung di Cianjur seperti kecamatan di wilayah selatan.

"Kami pastikan tanggal 5 Februari pendistribusian logistik Pemilu ke wilayah ter-ujung sudah berjalan menggunakan kendaraan tertutup atau jenis boks, saat ini sebagian besar logistik untuk PPK se Cianjur sudah dikemas dengan plastik rangkap," katanya.

Ridwan menjelaskan, setelah sampai ke titik distribusi akhir atau gudang PPK di setiap kecamatan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Polres Cianjur, untuk melibatkan anggota di jajaran Polsek untuk memastikan keamanan logistik sampai ke TPS pada hari H.

Termasuk melibatkan anggota Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) di seluruh kecamatan dan pengawas di setiap desa dan TPS di seluruh Cianjur, saat logistik tersimpan di gudang tingkat desa hingga sampai ke TPS.

"Saat logistik sudah sampai ke gudang PPS di tingkat desa, pengamanan diserahkan ke petugas dan aparatur desa serta pihak kepolisian dan TNI," katanya.

Pihaknya tambah dia, akan memastikan seluruh logistik sampai tepat waktu dan sudah sampai ke 7.278 TPS di seluruh Cianjur pada hari pemilihan tanggal 14 Februari."Kami harap tidak ada kendala yang berarti, seluruh logistik sampai tepat waktu," katanya.

Kapolres Cianjur, AKBP Aszhari Kurniawan, mengatakan telah menginstruksikan seluruh jajaran Polsek untuk membantu dan memantau serta mengawal pendistribusian logistik Pemilu 2024, mulai dari gudang KPU Cianjur sampai ke titik akhir di gudang PPK dan PPS.

"Bahkan pengawalan dan pengamanan selama pemilihan akan dilakukan petugas di seluruh TPS, guna memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan aman, nyaman dan terkendali," katanya.
Baca juga: Ketua KPU sebut gudang logistik KPU Cianjur sesuai standar
Baca juga: KPU Cianjur libatkan ratusan orang melipat dan menyortir surat suara
Baca juga: KPU Cianjur kembali terima logistik Pemilu 2024

Pewarta: Ahmad Fikri
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024