...untuk meningkatkan pemanfaatan dan pengelolaan SPBE guna memberikan layanan yang lebih efisien dan berkualitas kepada masyarakat.
Palangka Raya (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Sumedang, Jawa Barat (Jabar) menjalin kerja sama dalam peningkatan sumber daya dan kompetensi aparatur sipil negara (ASN) pengelola program Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

"Salah satu langkah kami adalah melalui program magang ASN Palangka Raya di Pemkab Sumedang selama lima hari mulai 29 Januari hingga 2 Februari," kata Asisten Administrasi Umum Setda Kota Palangka Raya Absiah, di Palangka Raya, Selasa.

Dia menerangkan, pada program tersebut, Pemkot Palangka Raya mengirimkan 14 aparatur sipil negara dari enam organisasi perangkat daerah di kota setempat.

Adapun Perangkat Daerah Kota Palangka Raya yang mengikuti program magang ini, antara lain Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia, Dinas Kesehatan dan Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil, Menengah dan Perindustrian Kota Palangka Raya.

Kemudian Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat, Bappedalitbang dan Diskominfo Kota Palangka Raya

Ia juga optimistis program magang ini, para ASN yang ditugaskan dapat memperoleh pengalaman berharga serta pengetahuan yang dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Program ini sebagai upaya Pemerintah Kota Palangka Raya untuk meningkatkan pemanfaatan dan pengelolaan SPBE guna memberikan layanan yang lebih efisien dan berkualitas kepada masyarakat," kata Absiah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Persandian dan Statistik Sumedang Bambang Rianto menyambut baik program inisiatif Pemkot Palangka Raya untuk melaksanakan program magang di lingkungan Pemkab Sumedang.

“Banyak pemerintah kabupaten dan kota yang telah melakukan program magang seperti ini untuk mengadopsi SPBE yang telah berjalan di Pemkab Sumedang, kemudian mereka menambahkan lagi indikator-indikator yang diperlukan di daerah masing-masing,” kata Bambang.

Program magang ini juga diharapkan dapat memperkuat kerja sama antara berbagai daerah dalam hal pengembangan sumber daya manusia dan peningkatan kualitas layanan publik.

Dengan adanya pertukaran pengalaman dan pengetahuan antarpegawai dari berbagai daerah, diharapkan dapat mempercepat pencapaian target-target pembangunan yang telah ditetapkan, katanya lagi.
Baca juga: Tjahjo Kumolo apresiasi SPBE dan pelayanan publik Kabupaten Sumedang
Baca juga: Kemenkes replikasi penanganan stunting berbasis elektronik Sumedang

Pewarta: Rendhik Andika
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024