"Kita tidak mau kejadian tahun 2019 yang banyak petugas kelelahan, lalu ada yang meninggal dan sakit, itu terulang. Sehingga, upaya antisipasi dan pencegahan harus dilakukan,"
Makassar (ANTARA) - Wakil Ketua DPRD Sulsel Darmawangsyah Muin, mendorong Pemprov Sulawesi Selatan memberikan dukungan penuh untuk menjamin keselamatan kesehatan penyelenggara Pemilu 2024

Darmawangsyah Muin pada Rapat Koordinasi Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan dalam Mendukung Suksesnya Penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Makassar, Selasa, menyebutkan DPRD Sebagai lembaga yang memiliki wewenang melaksanakan pengawasan.

Serta mendorong Pemprov Sulsel untuk menjamin suksesnya pelaksanaan tahapan pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024 sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Darmawangsyah Muin, dalam kesempatan itu sekaligus menyambut baik langkah Pemprov Sulsel membentuk Tim Kesiapsiagaan Bidang Kesehatan dalam menyukseskan Pemilu dan Pilkada serentak Tahun 2024.

Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin, menunjukkan komitmennya dalam menjaga keselamatan dan kesehatan para petugas Pemilu 2024, melalui pembentukan Satgas Kesehatan Petugas Pemilu.

Bahkan Sulsel disebut merupakan provinsi pertama di Indonesia yang memiliki satgas kesehatan petugas untuk pemilu 2024.

Ia mengungkapkan, kehadiran Satgas Kesehatan Petugas Pemilu ini sebagai hasil refleksi dari banyaknya petugas penyelenggara Pemilu yang meninggal dunia pada Pemilu 2019 lalu. Total, ada 894 petugas yang meninggal dunia, dan 5.175 petugas mengalami sakit akibat kelelahan.

"Kita tidak mau kejadian tahun 2019 yang banyak petugas kelelahan, lalu ada yang meninggal dan sakit, itu terulang. Sehingga, upaya antisipasi dan pencegahan harus dilakukan," ungkap Bahtiar.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024