terdapat tujuh mobil dan 70 motor yang sudah mengikuti uji emisi di kantor Kelurahan Semper Barat
Jakarta (ANTARA) - Suku Dinas (Sudin) Lingkungan Hidup (LH) Kota Jakarta Utara menyelenggarakan kegiatan uji emisi kendaraan bermotor roda empat dan roda dua  di kantor Kelurahan Semper Barat, Cilincing, Selasa.

Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Sudin LH Kota Jakarta Utara Evy Sulistiawati menerangkan terdapat tujuh mobil dan 70 motor yang sudah mengikuti uji emisi di kantor Kelurahan Semper Barat.
 
"Uji emisi kendaraan bermotor bertujuan untuk mengukur kadar emisi gas buang kendaraan. Bagi kendaraan yang emisi gas buangnya melebihi standar yang ditetapkan maka dinilai tidak layak beroperasi," kata Evy di Jakarta Utara, Selasa.
 
Pelaksanaan uji emisi kendaraan bermotor di Kantor Kelurahan Semper Barat disambut antusias oleh para aparatur sipil negara dan penyedia jasa lainnya perorangan di Kelurahan Semper Barat.

"Kegiatan uji emisi ini merupakan salah satu upaya kelurahan untuk mendukung program Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020 tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor," kata Pelaksana tugas (Plt) Lurah Semper Barat Ahmad Rosiwan.

Rosiwan berharap dengan adanya uji emisi dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga kualitas udara.

"Bagi pemilik kendaraan bermotor diimbau untuk rutin melakukan pengecekan emisi di bengkel resmi yang telah terakreditasi oleh Dinas LH Provinsi DKI Jakarta," kata dia.

Menurut data di situs https://ujiemisi.jakarta.go.id/, uji emisi kendaraan roda dua di Jakarta pada Januari 2024 sudah dilaksanakan 375 kali, sedangkan uji emisi kendaraan roda empat di Jakarta pada Januari 2024 mencapai 34.889 kali.
Baca juga: Kualitas udara Jakarta semakin membaik
Baca juga: DKI tambah 9 stasiun pemantau guna percepat penanganan polusi udara
Baca juga: Kualitas udara Jakarta semakin membaik dan masuk kategori sedang

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024