Jakarta (ANTARA) - Sekelompok masyarakat asal Jawa Barat yang tergabung dalam Relawan Pajajaran menyampaikan dukungan mereka untuk pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di pelataran kediaman pribadi Prabowo, Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Selasa.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang menerima dukungan tersebut menyampaikan kepada para relawan beberapa hasil survei menunjukkan suara Prabowo-Gibran di Jawa Barat mencapai di atas 60 persen.

“Alhamdulilah survei terakhir LSI Denny JA suara Prabowo-Gibran di Jawa Barat sudah 64,8 persen. Tetapi harus waspada, karena survei itu juga menemukan 66 persen masyarakat Jawa Barat bisa goyah oleh politik uang,” kata Wakil Komandan Golf TKN Prabowo-Gibran Sulaiman Haikal di hadapan para relawan di Jakarta, Selasa.

Oleh karena itu, Sulaiman pun berpesan para relawan untuk saling menjaga agar diri masing-masing dan orang-orang di sekitarnya tidak terpengaruh oleh politik uang terutama saat pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

“Kita harus jaga sesama pendukung 02 (Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, red.) supaya imannya kuat. Kita harus waspada, kita kawal terus suara 02 agar menang mutlak di Jawa Barat,” kata Sulaiman.

Di lokasi yang sama, Sulaiman meyakini para relawan siap memenangkan pasangan calon nomor urut 02 sekali putaran. Oleh karena itu, dia kembali mengingatkan para relawan untuk mengajak orang-orang di sekitarnya menggunakan hak pilihnya saat pemungutan suara.

Terakhir, Sulaiman juga meneruskan pesan dari Prabowo untuk para relawan, salah satunya ikut mengawasi jalannya pemungutan suara dan mewaspadai potensi kecurangan di tempat pemungutan suara (TPS).

“Pak Prabowo berpesan agar kita semua tidak langsung pulang. Kita tunggu, pantau pencoblosan dan penghitungan (suara, red.), karena kami sudah menemukan indikasi akan adanya kecurangan di basis tempat suara 02 menang. Ada yang tidak suka, ketakutan akan kalah sehingga suara 02 nanti dirusak,” kata Sulaiman tanpa menyebut sumber dari kekhawatirannya itu.

Akan tetapi, dia optimistis Jawa Barat tetap menjadi lumbung suara bagi Prabowo-Gibran mengingat daerah itu pada Pemilu 2019 salah satu basis suara Prabowo.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran hampir setiap harinya, termasuk saat akhir pekan, menerima dukungan dari berbagai kelompok relawan dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan deklarasi itu beberapa kali dihadiri oleh Prabowo, tetapi sering pula dia diwakili oleh tim suksesnya di TKN Prabowo-Gibran.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. dari nomor urut 3.

Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Prabowo di hadapan petani Sumedang: Kalian adalah patriot
Baca juga: Ulama dan santri bersalawat bersama sambut Prabowo di Banten
Baca juga: Prabowo temui pekerja PT PAL yang bangun fregat Merah Putih

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024