Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo berkomitmen untuk memberikan perhatian khusus untuk pulau-pulau terpencil saat berkunjung ke Banda Neira, pulau kecil di Provinsi Maluku yang memiliki keindahan alam sekaligus menyimpan sejarah perjuangan melawan penjajah.

Menurut Ganjar, potensi yang ada di Banda Neira harus mendapat perhatian, baik alam maupun sejarah dan budaya.

“Potensi pala harus terus dikembangkan karena ini punya catatan bagus. Selain itu, tempat-tempat bersejarah perlu dirawat dan dijaga lebih-lebih bisa dijadikan wisata,” kata Ganjar dalam keterangan tertulis yang diterima Antara di Jakarta, Selasa.

Capres yang berpasangan dengan Mahfud Md itu banyak mendapatkan masukan saat berdialog dengan masyarakat setempat.

“Di antaranya infrastruktur akses transportasi ke Banda Neira karena harus menyeberang laut atau udara. Rasa-rasanya pemerintah harus membantu itu,” ujarnya.

Mantan gubernur Jawa Tengah itu sebelumnya telah berkunjung di Pulau Nias di Sumatra Utara dan Pulau Rote di Nusa Tenggara Timur.

Kehadirannya Ganjar pada Selasa pagi mendapat sambutan antusias dari warga Banda Neira. Selain kalung bunga, Ganjar juga diberi hadiah buku “Tana Banda” berisi esai-esai tentang mitos, sejarah, sosial, budaya Pulau Banda Neira oleh tokoh masyarakat.

Pulau Banda Neira pernah menjadi pusat perdagangan pala dan fuli (bunga pala) dunia, dan satu-satunya pulau penghasil rempah yang bernilai tinggi itu hingga pertengahan abad ke-19. Itulah yang membuat bangsa Eropa kepincut untuk menguasai.

Pulau yang berpenduduk 14.000 jiwa itu juga dijadikan tempat pengasingan pejuang nasional pada masa Pemerintahan Kolonial Hindia Belanda. Beberapa di antaranya Mohammad Hatta, Sutan Syahrir, dan Cipto Mangunkusumo.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara Pemilu 2024 berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar sebut semangat Malang Raya penuh perjuangan untuk demokrasi
Baca juga: Timnas AMIN: Pendukung siap jalan kaki hadiri kampanye di JIS
Baca juga: Relawan Pajajaran dukung Prabowo-Gibran, TKN: Survei di Jabar 64,8%

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024