Jakarta (ANTARA) - Relawan Pemuda Teman Gibran (Paten) menyampaikan dukungan mereka untuk pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di pelataran kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara No. 4, Jakarta, Selasa.

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran yang menerima dukungan itu menyebut sikap mereka perlu dibuktikan dengan kehadiran anak-anak muda itu di tempat pemungutan suara (TPS) pada 14 Februari 2024.

“Kalau kita mendukung Pemilu sekali putaran, tolong sampaikan ke anak-anak muda untuk hadir di TPS tanggal 14 Februari 2024. Banyak yang bilang anak muda apatis, karena banyak pemilih 02 ini kalangan muda. Kita harus buktikan dengan mencoblos, dan saat suara kita dihitung kita harus hadir ke TPS,” kata Wakil Komandan TKN Fanta Rahayu Saraswati Djojohadikusumo ke para relawan itu.

Dalam acara yang sama, Sara — panggilan akrab Rahayu Saraswati — berterima kasih atas dukungan para relawan. Dia menilai para relawan dan anak-anak muda patut menjadikan Prabowo Subianto dan Presiden RI Joko Widodo sebagai teladan.

“Keduanya adalah sosok senior yang membuka ruang untuk anak muda berkiprah di kancah nasional. Tadi saya mendengar berdirinya Paten diinisiasi oleh pelajar-pelajar Indonesia di luar negeri. Ini menunjukkan anak-anak muda Indonesia sangat mampu mewakili Indonesia di level nasional bahkan internasional,” kata Sara.

Di lokasi yang sama, Ketua Umum Relawan Paten Hakam Yunus menyampaikan ada beberapa alasan mereka mendukung pasangan Prabowo-Gibran.

“Kami mendukung Prabowo-Gibran sebagai calon presiden dan calon wakil presiden di Pilpres 2024. Kami juga mendukung pemilu satu putaran dan mengimbau seluruh elemen bangsa bergabung dengan Prabowo-Gibran untuk Indonesia maju,” kata Hakam.

Dalam kesempatan yang sama, dia pun mengajak masyarakat untuk mewaspadai kabar bohong (hoax) dan praktik-praktik politik identitas yang dapat memecah belah bangsa.

“Kami juga mengimbau masyarakat jangan sampai terjebak hoax dan pembunuhan karakter terhadap kandidat mana pun,” kata Hakam.

Pasangan calon nomor urut 2 Prabowo-Gibran hampir setiap harinya, termasuk saat akhir pekan, menerima dukungan dari berbagai kelompok relawan dan masyarakat. Kegiatan-kegiatan deklarasi itu beberapa kali dihadiri oleh Prabowo, tetapi sering pula dia diwakili oleh tim suksesnya di TKN Prabowo-Gibran.

KPU RI menetapkan tiga pasangan calon sebagai peserta Pemilu 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dari nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dari nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD  nomor urut 3.

Masa kampanye pun ditetapkan oleh KPU berlangsung pada 28 November 2023 sampai dengan 10 Februari 2024, diikuti masa tenang pada 11–13 Februari 2024. Pemungutan suara presiden-wakil presiden dan anggota legislatif berlangsung serentak di seluruh wilayah Indonesia pada 14 Februari 2024.
Baca juga: Relawan Pajajaran dukung Prabowo-Gibran, TKN: Survei di Jabar 64,8%
Baca juga: TKN nilai transisi energi tidak mengurangi lapangan pekerjaan
Baca juga: TKN Prabowo-Gibran kembali tegaskan tidak pikirkan pilpres dua putaran

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024