Jakarta (ANTARA) - Wakapolri Komjen Pol. Agus Andrianto meresmikan operasional Rumah Sakit (RS) Bhayangkara Blora sebagai rujukan bagi anggota Polri serta memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat umum.

RS Bhayangkara berstatus rumah sakit tingkat IV, berdiri di atas lahan seluas 22.629 meter persegi berlokasi di Jalan Raya Blora-Purwodadi, Jawa Tengah.

“Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Blora telah menghibahkan tanahnya, semoga pembangunan rumah sakit ini bisa dilanjutkan," kata Agus dalam keterangannya diterima di Jakarta, Selasa.

Pada peresmian operasional RS Bhayangkara Blora tersebut juga dilaksanakan bakti sosial dan bakti kesehatan di sekitar lokasi rumah sakit tersebut.

Kegiatan bakti kesehatan itu, meliputi kesehatan gratis, donor darah, pemeriksaan gigi dan mata, serta pab smear pencegahan kanker mulut rahim. Sedangkan kegiatan bakti sosial meliputi khitanan massal, serta pembagian paket sembako sebanyak 5.000 paket untuk warga kurang mampu.

Selain berterima kasih kepada Pemkab Blora, Komjen Agus juga mengingatkan tantangan fungsi sosial rumah sakit yang harus diutamakan dengan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat yang belum mendapatkan akses kesehatan dan masyarakat kurang mampu.

“Semoga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat. Untuk fungsi sosial ini agar dikoordinasikan dengan BPJS dan instansi terkait,” kata Agus.

Mantan Kabareskrim itu berharap agar RS Bhayangkara Blora terus dikembangkan sehingga meningkat dari rumah sakit tingkat IV menjadi tingkat III atau ke tingkat yang lebih tinggi.

Putra daerah Blora itu menyampaikan masukan agar perekrutan tenaga medis dan tenaga kesehatan RS Bhayangkara Blora memberikan prioritas kepada warga lokal dan sekitarnya, sehingga kehadiran rumah sakit milik Polri tersebut mendorong penyediaan lapangan kerja bagi putra-putra daerah setempat.

Polri, kata Agus, akan terus berupaya mengembangkan fasilitas pelayanan kesehatan, baik dari segi sarana dan prasaran, sumber daya manusia, pelayanan maupun lainnya, termasuk rumah sakit.

“Sehingga ke depan kualifikasi rumah sakit ini dapat terus ditingkatkan,” ujarnya.

Lokasi RS Bhayangkara Blora ini tepatnya berada di Desa Jagong, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, atau 20 Km dari pusat Kota Blora dan 45 Km dari pusat Kota Grobogan.

Baca juga: Polri kucurkan Rp77,3 miliar bangun RS Bhayangkara Polda Papua Barat
Baca juga: Kapolri resmikan Rumah Sakit Bhayangkara Medan dan Mapolres Tapsel

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024