Ketiga daerah berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir antara lain wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang
Lebak (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan tiga daerah di Banten berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir/kilat pada Rabu.
 
Koordinator Bidang Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Stasiun Meteorologi Maritim Kelas I Serang, Tatang di Serang, Rabu, mengatakan  cuaca di tiga daerah tersebut berpeluang terjadi pada sore hari dan bisa menimbulkan bencana alam, seperti longsor, pohon tumbang, pergerakan tanah, banjir, dan gelombang tinggi.

Baca juga: BMKG: Waspada cuaca buruk pada 5 wilayah di Banten pada sore hari
 
Ia menjelaskan, ketiga daerah berpotensi dilanda hujan lebat disertai angin kencang dan petir antara lain wilayah Kabupaten Lebak, Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang.
 
Sementara Kota Cilegon, Kota Serang,Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Serang relatif normal dan aman dari ancaman cuaca buruk tersebut.
 
Pada siang hari berpotensi hujan intensitas ringan dan sedang terjadi di Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, Kabupaten Serang, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kota Serang,Kota Cilegon dan Kota Tangerang.

Baca juga: BMKG: Sejumlah provinsi diprakirakan alami hujan lebat pada Rabu
 
Suhu udara rata-rata 24-32 derajat Celcius dengan tingkat kelembapan 60-90 persen.
 
Tiupan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan 05-20 kilometer per jam.
 
BMKG juga mengeluarkan peringatan dini kewaspadaan terhadap keselamatan pelaku pelayaran, khususnya perahu nelayan dan kapal tongkang yang melintasi perairan selatan Banten, Selat Sunda bagian selatan, dan Samudera Hindia, dengan tinggi gelombang 1,25 sampai 2,50 meter di pesisir Kabupaten Lebak dan Pandeglang.
 
Sementara itu penyeberangan Pelabuhan Merak (Banten) - Bakauheni (Lampung), kata dia, untuk hari ini relatif normal dan aman dengan tinggi gelombang di perairan Selat Sunda bagian utara 1,25 meter.
 

Pewarta: Mansyur suryana
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024