Untuk yang senior nggak mudah, perlu belajar lagi, perlu dibimbing, tapi nggak sulit kok
Solo (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) RI Zulkifli Hasan menyebutkan digitalisasi merupakan suatu keniscayaan di semua bidang termasuk di sektor perdagangan.

"Memang digitalisasi perdagangan satu keniscayaan, makanya saya ajak UMKM, pedagang pasar. Untuk yang senior nggak mudah, perlu belajar lagi, perlu dibimbing, tapi nggak sulit kok," kata Zulkifli Hasan di sela kunjungannya di Solo, Jawa Tengah, Rabu.

Oleh karena itu, hingga saat ini pihaknya terus menggalakkan pertemuan kerja sama yang melibatkan pedagang pasar, pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), serta e-commerce.

"Tujuannya untuk saling melengkapi, kalau nggak maka kita akan ketinggalan," katanya.

Menurut dia, para pedagang pasar diharapkan tidak hanya berjualan secara offline tetapi juga mampu menguasai penjualan online.

Baca juga: Mendag sebut pedagang pasar salah satu pondasi ekonomi nasional

Baca juga: Mendag minta pedagang lama diprioritaskan menempati Pasar Modern Natar


"Perlunya UMKM dan pedagang tradisional dilatih, bagaimana cara tampil, cara packaging-nya. Misalnya jual sambal dikemas pakai plastik kan nggak bagus, tapi kalau pakai botol akan lebih bagus," katanya.

Pihaknya mencatat transaksi yang terjadi pada perdagangan digital cukup menggembirakan. Di sepanjang tahun 2023 transaksi pada e-commerce diperkirakan mencapai Rp533 triliun.

Sedangkan pada penyelenggaraan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) mencatatkan nilai transaksi hingga Rp25,7 triliun.

Selanjutnya, penerbitan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 31 Tahun 2023 tentang Perizinan Berusaha, Periklanan, Pembinaan dan Pengawasan Pelaku Usaha Dalam Perdagangan Melalui Sistem Elektronik, mendukung potensi pertumbuhan e-commerce.

Pada kesempatan itu, ia meminta pedagang tradisional dan pelaku UMKM tidak terlibat dengan pinjaman rentenir karena merugikan.

"Itu bahaya sekali, bunganya tinggi," katanya.

Baca juga: Mendag: Pasar Natar jadi ikon bisnis Lampung

Baca juga: Mendag: Transaksi perdagangan digital capai Rp533 triliun pada 2023

Pewarta: Aris Wasita
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024