Jakarta (ANTARA) — Dalam rangka memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2024 yang bertema "Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha", PT Jasa Marga (Persero) Tbk menggelar Seremoni Bulan K3 yang terdiri dari Seminar Keselamatan Konstruksi, Seminar Kesehatan dan Apresiasi K3 secara hybrid, Selasa.

Dalam sambutannya, Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan menjelaskan, seminar keselamatan konstruksi ini akan meningkatkan kompetensi para Roadster Jasa Marga khususnya yang saat ini bertugas di proyek pembangunan konstruksi jalan tol sehingga bisa mencapai standar dari segi Keamanan, Keselamatan, Kesehatan juga Keberlanjutannya (K4).

“Keempat poin tersebut perlu distandarisasi untuk menjamin keselamatan dan kesehatan tenaga kerja, publik hingga lingkungan," kata Agus.

Lebih lanjut, Agus mengungkapkan, dalam mendorong kinerja pengawasan, baik di lingkup regional maupun anak perusahaan dalam proyek konstruksi perlu dilakukan penyesuaian pelaksanaan Sistem Manajemen Keselamatan Konstruksi setiap tahapan (perencanaan/perancangan, pengadaan dan pemilihan serta pembangunan dan pemeliharaan), dan memastikan kontraktor menyusun Struktur Organisasi Keselamatan Konstruksi dengan jabatan Pimpinan tertinggi kontraktor di proyek setara dengan pimpinan Unit Keselamatan Konstruksi (UKK) kontraktor. 

“Dan memastikan tersedianya Sertifikasi Ahli Keselamatan Konstruksi dan Petugas Keselamatan Konstruksi pada personil di UKK kontraktor, memastikan biaya penerapan SMKK sudah masuk dalam rincian Rencana Anggaran Biaya (RAB) dan Melakukan Audit Internal SMKK terhadap pelaksanaan proyek konstruksi minimal 1 (satu) tahun sekali,” tambahnya.

Hadir dalam seminar tersebut yaitu Direktur Pengembangan Usaha Jasa Marga M. Agus Setiawan, Corporate Secretary & Chief Administration Officer Jasa Marga Nixon Sitorus, Risk & Quality, Health, Safety and Environment Group Head Jasa Marga Devi Lusyana, perwakilan Group Head Unit Kerja Kantor Pusat, Regional Division Head, Direktur Anak Perusahaan Jalan Tol dan Service Provider, serta para Roadster Jasa Marga, baik secara daring maupun luring.

Pada kesempatan tersebut, diadakan sesi Seminar Konstruksi yang dipandu langsung oleh Direktur Utama PT Jasamarga Akses Patimban Viktor N. Mahandre dan dua narasumber kompeten lainnya yaitu Direktur Keberlanjutan Konstruksi Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Konstruksi Kementerian PUPR Kimron Manik dan Ketua Umum Perkumpulan Ahli Keselamatan Konstruksi Indonesia (PAKKI) Lazuardi Nurdin.

Selain itu, Jasa Marga juga memberikan Apresiasi K3 untuk karyawan serta Unit Organisasi Jasa Marga yang telah mengimpelementasikan nilai-nilai K3 dengan baik di unit kerjanya masing-masing melalui 4 kategori di antaranya Kategori Organisasi Pengelola K3 Terbaik, Kategori Personil Safety Owner Terbaik, Kategori Personil Safety Officer Terbaik dan Kategori Personil Safety Inspector Terbaik.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2024