New York (ANTARA) - Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyatakan kekhawatirannya setelah Presiden Amerika Serikat Joe Biden menyatakan bahwa pihaknya akan merespons serangan drone di Yordania, tetapi dia tak ingin memperluas perang di Timur Tengah, Selasa (30/1).

Serangan pesawat nirawak itu menghantam markas militer AS di Yordania dan menewaskan tiga tentara AS.

Juru Bicara Sekretaris Jenderal PBB Stephane Dujarric menanggapi pernyataan Biden itu dengan mengatakan bahwa PBB khawatir akan kemungkinan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah.

“Kami khawatir dengan pertempuran dan serangan-serangan yang terjadi di wilayah tersebut, termasuk di Suriah, Yordania, dan Irak,” ucapnya, seperti dikutip dalam laporan wartawan IRNA di markas PBB.

Dujarric menyatakan bahwa insiden ini berisiko memperbesar konflik, yang “sangat tidak diinginkan" oleh PBB].

Menjelang pemilihan umum AS, Biden ditanya apakah dirinya telah memutuskan bagaimana AS akan merespons serangan tersebut, yang menewaskan tiga tentara AS dan melukai 40 lainnya di Yordania.

“Ya,” jawab Biden saat meninggalkan Gedung Putih untuk melakukan kampanye penggalangan dana pemilu di Florida. Dia menolak menjelaskan lebih lanjut.

Di waktu yang sama, Biden menjelaskan bahwa Washington tidak ingin “memperluas perang di Timur Tengah,” dan berkata, “bukan itu yang saya inginkan.”

Biden tidak menyatakan bahwa Iran bertanggung jawab secara langsung atas serangan ke markas militer AS itu, tetapi dia menyalahkan kelompok-kelompok perlawanan yang diklaim mendapat dukungan dari Iran. Tuduhan tersebut ditolak oleh Iran yang menyebutnya sebagai tuduhan tak berdasar.

Pejabat Iran, termasuk perwakilannya di PBB, merilis beberapa pernyataan resmi yang membantah keterlibatan Teheran dalam serangan tersebut setelah media AS dan Pentagon (Departemen Pertahanan AS) menyampaikan pernyataan yang anti-Iran.

Mereka juga menyinggung soal kebijakan destruktif AS di Timur Tengah. 

Wakil Iran di PBB mengklarifikasi bahwa kelompok perlawanan di Irak, Suriah, dan wilayah lainnya tidak dikendalikan oleh Iran secara langsung atau tidak langsung, dan Teheran tidak bertanggung jawab atas aksi mereka di Timur Tengah.

Kelompok perlawanan regional telah melancarkan puluhan serangan ke markas dan fasilitas militer AS dalam beberapa bulan terakhir di tengah sentimen anti-AS akibat dukungan Washington terhadap kejahatan rezim Israel dan genosida di Jalur Gaza.

Sumber: IRNA

Baca juga: Iran bantah terlibat serang tentara AS di perbatasan Suriah-Yordania
Baca juga: Biden: AS akan respons serangan yang tewaskan tiga tentara di Yordania


Penerjemah: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2024