Saya minta warga waspada terutama yang bermukim dekat bantaran sungai dan mereka yang berada di daerah rawan banjir akibat luapan air sungai
Palangka Raya (ANTARA) - Anggota DPR RI daerah pemilihan (dapil) Kalimantan Tengah Agustiar Sabran meminta masyarakat di provinsi setempat untuk mewaspadai adanya banjir susulan yang disebabkan cuaca ekstrem.

"Saya minta warga waspada terutama yang bermukim dekat bantaran sungai dan mereka yang berada di daerah rawan banjir akibat luapan air sungai," kata Agustiar Sabran di Palangka Raya, Rabu.

Dia menjelaskan berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Kota Palangka Raya pada bulan ini akan terjadi curah hujan yang cukup tinggi. Maka dari itu tentunya masyarakat dan pemerintah setempat wajib mewaspadai bahaya banjir susulan itu.

Meskipun hal tersebut sudah menjadi kebiasaan dalam setiap tahunnya, namun pemerintah setempat tidak ada salahnya untuk melakukan antisipasi sehingga bencana banjir susulan itu benar terjadi, pemerintah dan masyarakat sudah tidak panik lagi.

Baca juga: DPR RI salurkan bantuan 100 ton beras untuk korban banjir di Kalteng

"Tentunya anggaran di setiap pemerintah baik itu provinsi maupun kabupaten/kota sudah dianggarkan di instansi masing-masing untuk penanganan bencana tidak hanya banjir saja, melainkan bencana lainnya juga bisa digunakan anggaran tersebut dengan tujuan membantu masyarakat yang tertimpa bencana alam," ujar Agustiar, anggota Komisi III DPR RI itu.

Kakak kandung dari Gubernur Kalteng Sugianto Sabran tersebut menambahkan pemerintah yang ada di provinsi yang memiliki luas dua kali dari Pulau Jawa itu harus benar-benar mempersiapkan diri mereka.

Baik itu dari segi logistik maupun peralatan yang diperlukan ketika di sejumlah daerahnya tertimpa musibah bencana alam.

"Yang jelas apabila pemerintah di daerah setempat sudah siap, tentunya para personel yang terlibat sudah tahu apa saja tugas dan fungsinya saat ada bencana yang melanda di daerah itu," bebernya.

Agustiar Sabran yang juga Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Kalteng berharap, prakiraan BMKG terkait curah hujan dalam bulan ini terjadi cukup tinggi tidak terjadi.

Baca juga: DPR RI: Jaga kerukunan antar umat beragama jelang hari H Pemilu 2024
Baca juga: DPR RI: Jaga toleransi antar-umat beragama jelang Natal dan Pemilu





 

Pewarta: Adi Wibowo
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024