PBB (ANTARA) - Badan kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada Selasa (30/1) mengatakan bahwa mereka mengucurkan dana senilai 2,5 juta dolar AS (1 dolar AS = Rp15.796) untuk Zambia guna memerangi wabah kolera yang merenggut 574 nyawa dan menginfeksi 400 hingga 500 orang setiap harinya.

Koordinator Bantuan Darurat Martin Griffiths mengalokasikan dana tersebut dari Dana Tanggap Darurat Pusat (Central Emergency Response Fund/CERF) pada Senin (29/1) untuk mendukung respons negara tersebut melawan wabah kolera, kata Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan PBB (OCHA).

OCHA mengatakan bahwa hingga Minggu (28/1), Institut Kesehatan Masyarakat Nasional Zambia melaporkan lebih dari 15.000 kasus kolera dan 574 kasus kematian.

"Penularan kolera diperburuk oleh berbagai tantangan terkait pasokan air dan sanitasi, termasuk banjir, sumur dangkal, dan kesulitan dalam mengakses air bersih," ungkap OCHA. "Alokasi CERF yang baru akan mendukung tanggap darurat, termasuk dukungan di bidang kesehatan, nutrisi, air, sanitasi, dan kebersihan."

Beberapa negara Afrika bagian timur dan tenggara dilanda wabah kolera menyusul banjir musiman yang lebih lama dan lebih deras pada musim ini.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024