Beijing (ANTARA) - Universitas Pertanian Yunnan China membuat kumpulan sumber daya galur khusus mikroba yang mengumpulkan 3.030 galur mikroba khusus untuk fermentasi kopi.

"Kumpulan data sumber daya galur khusus ini menjadi sangat penting dalam meningkatkan kontrol presisi fermentasi kopi serta pelestarian dan pemanfaatan galur, sehingga pada gilirannya dapat meningkatkan daya saing produk kopi China di kancah internasional, sekaligus melindungi sumber daya plasma nutfah mikroba untuk fermentasi kopi," kata para peneliti dari Universitas Pertanian Yunnan, sebagaimana dikutip dalam sebuah laporan.

Fermentasi dinilai menjadi sangat penting dalam mendorong modernisasi teknologi fermentasi kopi dan memfasilitasi pengembangan industri kopi berkualitas tinggi. Sementara fermentasi mikroba merupakan cara penting untuk menstabilkan rasa kopi, memperkuat aroma dan tingkat keasaman kopi, serta meningkatkan hasil panen kopi spesial.

Provinsi Yunnan di China barat daya menyumbang 98 persen dari total area perkebunan kopi di China dan memproduksi 98 persen dari total hasil panen kopi di negara itu.

Selain itu, Universitas Pertanian Yunnan juga menyeleksi 18 galur enzim pektinase dengan hasil tinggi dan 26 galur penyedap, sehingga memperkaya sumber daya galur berkinerja tinggi untuk fermentasi kopi di China.

Universitas tersebut juga melakukan penelitian dan pengembangan terhadap 22 jenis produk kopi.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024