Saya menetapkan target agar bisa melakukan penyerapan sampai Semester I tahun ini sebesar 60 persen
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita menetapkan target penyerapan anggaran hingga Semester I tahun 2024 mencapai sebesar 60 persen.

"Saya menetapkan target agar bisa melakukan penyerapan sampai Semester I tahun ini sebesar 60 persen," ujar Agus di Jakarta, Kamis.

Selain itu, Agus juga menargetkan pengadaan barang dan jasa, prosesnya bisa selesai pada Juni tahun ini.

“Saya akan memantau serta mengevaluasi penyerapan anggaran sampai dengan Semester I Tahun 2024,” katanya.

Pada tahun 2024, pagu anggaran Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mencapai Rp3,78 triliun yang telah dialokasikan penyerapannya untuk mendukung program dan kegiatan strategis, khususnya program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN).

Baca juga: Menperin sebut pentingnya mengambil potensi besar industri halal

Baca juga: Menperin: Industri manufaktur solid di tengah suasana politik pemilu


Selain itu Hilirisasi Sumber Daya Alam, Pengembangan Industri Kecil dan Menengah (IKM), Fasilitasi dan Pembinaan Industri Halal, dan pemberian fasilitasi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) dan Halal secara gratis kepada perusahaan industri dalam negeri.

Kemudian, Pembangunan Ekosistem Fitofarmaka, Kebijakan Dekarbonisasi Sektor Industri, Restrukturisasi Mesin/Peralatan Industri, serta Pembangunan Sumber Daya Manusia Industri.

“Program-program ini harus segera dilakukan untuk mengakselerasi peningkatan daya saing industri kita,” ujar Menperin.

Kepada jajaran Kemenperin, Agus berpesan untuk senantiasa menjadi motor penggerak dalam melaksanakan program pengembangan industri serta membangun sinergi dengan para pelaku usaha dan instansi terkait lainnya.

Hal ini dalam rangka mengakselerasi pertumbuhan industri sebagai bagian dari upaya pembangunan ekonomi nasional, serta terbangunnya pemerataan pembangunan.

Sebagai informasi, dengan alokasi pagu anggaran pada tahun 2023 sebesar Rp4,53 Triliun, termasuk di dalamnya Anggaran Belanja Tambahan (ABT) subsidi motor listrik sebesar Rp1,4 triliun yang masuk ke dalam DIPA Kemenperin pada bulan April 2023, capaian realisasi anggaran murni tanpa Anggaran Belanja Tambahan subsidi motor Listrik sebesar 98,65 persen (un-audited). Angka ini meningkat 0,52 persen dari capaian tahun 2022 sebesar 98,13 persen.

Baca juga: Kemenperin optimis bisa pertahankan opini WTP BPK di 2023

Baca juga: Menperin sebut industri modifikasi otomotif dukung perkembangan IKM

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024