Sektor migas itu kalau tidak ribut atau tenang-tenang saja selama lima tahun ke depan diyakini akan berkembang
Jakarta (ANTARA) - Akademisi Ekonomi dan Energi dari Universitas Pertamina A. Rinto Pudyantoro mengharapkan pemerintah ke depan dapat menjaga kondisi yang kondusif dan mengurangi polemik di sektor energi demi memastikan terjaganya iklim investasi yang baik di Indonesia.

"Keributan akibat aturan kontroversial pasti akan membuat investor berpikir ulang. Sektor migas itu kalau tidak ribut atau tenang-tenang saja selama lima tahun ke depan diyakini akan berkembang," kata Rinto saat diskusi bertajuk "Menanti Arah Pemimpin Baru di Sektor Migas" yang diselenggarakan oleh Indonesia Petroleum Association (IPA), di Jakarta, Kamis.

"Justru yang dapat dilakukan oleh pemerintah pada periode tersebut adalah sejumlah pembenahan atau perbaikan pada beberapa persoalan yang dianggap mengganggu operasional, seperti perijinan dan tax treaty," lanjut dia,

Menurut Rinto, dari 12 instrumen yang berpengaruh pada keputusan berinvestasi di Indonesia, terdapat satu instrumen yang dikendalikan oleh pemerintah seratus persen, yaitu kebijakan fiskal.

Oleh karena itu, pemerintah perlu memastikan kebijakan fiskal yang dibuatnya akan meningkatkan gairah investor untuk berinvestasi.

"Pemerintah memiliki kendali 100 persen terhadap kebijakan fiskal. Pemerintah bisa melakukan perubahan kebijakan apa saja dan kapan saja. Oleh karena itu, kebijakan tersebut seharusnya berdampak pada kemudahan berinvestasi," ujarnya.

Ia mengungkapkan iklim investasi sektor hulu migas Indonesia memang mulai menunjukkan pergerakan yang positif.

Menurut data Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), realisasi investasi hulu migas pada 2023 mencapai 13,7 miliar dolar AS atau naik dari dari tahun sebelumnya sebesar 12,1 miliar dolar AS.

Sementara di 2024 ini, SKK Migas menargetkan nilai investasi hulu migas akan meningkat mencapai 17,7 miliar dolar AS.

Sementara itu, Direktur Eksekutif IPA Marjolijn Wajong mengungkapkan bahwa temuan beberapa sumber daya gas bumi dalam jumlah besar belakangan ini seharusnya bisa menimbulkan kepercayaan diri bagi para pelaku usaha di tengah kondisi banyaknya lapangan tua dan target produksi migas yang terus menurun.

"Saya kok sekarang melihat sektor hulu migas Indonesia seperti sedang take off. Untuk itu, momen yang ada saat ini sangat penting dijaga dan didukung oleh berbagai kebijakan yang tepat dari pemerintah. Harus diakui bahwa ada banyak hal yang berubah dalam tata cara pengelolaan di sektor hulu migas saat ini, di mana kita sedang menuju ke arah yang benar. Kita harus terus mendorongnya," ujar dia.

Baca juga: Pemerintah gencar dongkrak produksi migas dalam negeri
Baca juga: SKK Migas catat investasi hulu migas capai Rp210 triliun di 2023

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024