Jakarta (ANTARA) - Pelatih FC Barcelona Xavi Hernandez mengaku sangat senang melihat pemain mudanya yang didatangkan dari Club Athletico Paranaense pada Januari tahun ini, Vitor Roque pecah gol di Barca setelah sang pemain menjadi aktor kemenangan dengan skor 1-0 pada laga melawan Osasuna, di Estadi Olimpic Lluis Companys, Kamis WIB.

Dalam laga lanjutan Liga Spanyol itu, Roque mencetak gol setelah memanfaatkan umpan Joao Cancelo pada menit ke-63, satu menit setelah masuk sebagai pemain pengganti untuk menggantikan Fermin Lopez.

“Vitor Roque bersinar dan bahagia. Itu adalah salah satu hal positif terbesarnya. Saya ikut bahagia untuknya karena dia punya peluang di pertandingan lain tapi tidak mencetak gol, dan hari ini dia melakukannya,” kata Xavi, dilansir dari laman resmi klub, Kamis.

Xavi mengatakan gol tersebut akan membuat pesepak bola 18 tahunnya itu bermain lebih percaya diri laga pada pertandingan ke depannya.

“Dia bekerja keras, dia maju, dia akan melakukannya, melakukan banyak hal untuk kami. Gol itu akan meningkatkan kepercayaan dirinya,” tambahnya.

Baca juga: Gol perdana Vitor Roque menangkan Barcelona 1-0 atas Osasuna

Dalam kesempatan yang sama, pelatih sekaligus legenda klub itu mengaku puas pada jalannya laga melawan Osasuna.

Hal ini dikarenakan menurutnya, tim asuhannya bermain lebih baik dalam hal menyerang atau bertahan dari laga terakhir ketika kalah di kandang dengan skor 3-5 melawan Villarreal, Minggu (28/1).

“Kami jauh lebih baik dalam menyerang dan bertahan dibandingkan saat melawan Villarreal. Kami perlu lebih banyak menggerakkan bola, tapi kami menciptakan peluang dan saya senang dengan hal itu,” ucap Xavi.

Meski puas, kata Xavi, dirinya masih mempunyai pekerjaan rumah yang banyak yaitu bagaimana membuat lini serang El Barca mudah membongkar lini pertahanan lawan.

“Tim bereaksi, dan itu yang paling penting. Kami bermain jauh lebih baik, namun masih banyak yang perlu diperbaiki dalam sepak bola kami, terutama dalam mematahkan lini pertahanan lawan,” imbuhnya.

Kemenangan ini membawa Blaugrana tetap berada di posisi empat besar klasemen sementara dengan 47 poin dari 22 laga, terpaut delapan poin dari Girona yang ada di puncak klasemen.

Selanjutnya, Robert Lewandowski dan kawan-kawan akan melawan Deportivo Alaves di Mendizorroza pada Minggu (4/2) pukul 00.30 WIB.

Baca juga: Xavi Hernandez tinggalkan Barcelona di akhir musim 2023/24

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024