Jakarta (ANTARA) - Los Angeles Lakers menaklukkan tim peringkat pertama NBA Boston Celtics dengan skor 114-105 dalam laga di TD Garden Arena Boston Massachusetts, Jumat WIB, meskipun tanpa dua bintang utamanya LeBron James dan Anthony Davis yang absen karena cedera.

Austin Reaves mencetak 32 poin, skor tertingginya musim ini. Lebih dari itu, dia juga mencetak poin dari tujuh lemparan tiga angka, juga yang tertinggi dalam kariernya.

“Kami semua adalah pemain berbakat. Dan ini adalah kesempatan untuk menunjukkan kepada dunia apa yang bisa kami lakukan,” kata Austin Reaves seperti dikutip dari laman resmi NBA.

Kemenangan Lakers atas Celtics ini mungkin merupakan kemenangan terbaik Lakers musim ini, di tengah upaya mereka sedang terseok-seok di papan tengah klasemen NBA Wilayah Barat.

James harus absen karena cedera pergelangan kaki kiri, sementara Davis harus menepi karena masalah tendon dan nyeri pinggul kiri.

Baca juga: LeBron catat sejarah sebagai pemain NBA All-Star 20 kali

Celtics yang sedang superior dengan 37 menang dan 12 kalah, atau yang terbaik dari seluruh tim NBA, diprediksi menang mudah atas Lakers yang berada di peringkat 9 NBA Wilayah Barat dengan 25 menang dan 25 kalah. Ditambah lagi, Lakers tidak diperkuat James dan Davis yang hanya bisa menonton di pinggir lapangan.

Lakers memiliki akurasi tembakan dari permainan terbuka hanya 40,4 persen, atau 38 berhasil dari 94 upaya tembakan. Namun akurasi tembakan tiga angka mereka lebih baik, yaitu 52,8 persen atau memasukkan 19 dari 36 upaya tembakan lemparan tripoin.

Pertandingan ini seperti kontes tripoin di mana Celtics turut menyusul Lakers juga dengan tembakan jarak jauh. Celtics memasukkan 16 lemparan tiga angka, dari total 48 upaya yang membuat persentase akurasinya lebih buruk dari Lakers, yaitu 33,3 persen.

D’Angelo Russell menambah 16 poin, 14 assist, dan 8 rebound untuk Lakers. Jackson Hayes menyumbang 16 poin dan 10 rebound, dan Rui Hachimura 15 poin serta 8 rebound.

Poin tertinggi Celtics berasal dari Jayson Tatum yang hanya mencetak 23 poin. Poin dua digit lain dari Celtics hanya dicetak oleh Kristap Porzingis dan Sam Hauser yang sama-sama mencetak 17 poin.

Celtics telah kalah tiga kali dari lima laga kandang terakhirnya, setelah mereka tak pernah kalah di markasnya sendiri 20 pertandingan berturut-turut sejak awal musim.

Meski bermain di hadapan pendukung sendiri, Celtics hanya sempat unggul di awal laga dan tak lebih dari 4 poin. Sisanya, para pemain muda dan pemain cadangan Lakers mendominasi pertandingan bahkan sempat unggul 16 poin.

"Jika Anda ingat kutipan LeBron beberapa waktu lalu, 'Bertandinglah, dan selesaikan pekerjaan Anda.' Dan saya merasa itulah yang kami lakukan malam ini,” kata Reaves.

Selanjutnya, Lakers akan berhadapan dengan New York Knicks pada Minggu (4/2), dan Celtics akan kembali bermain di kandang melawan Memphis Grizzlies pada Senin (5/2).

Baca juga: Hasil NBA, Celtics kembali menang dan Bucks lanjutkan tren positif

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024