....Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja.
Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) menggelar "Inspection Day" secara serentak di Indonesia, Jumat, sebagai upaya meningkatkan kepedulian terhadap pentingnya implementasi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Direktur Distribusi PT PLN (Persero), Adi Priyanto saat memimpin upacara di lapangan kantor PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Surabaya Selatan mengatakan kegiatan itu diikuti secara serentak di 22 Unit Induk Distribusi dan Unit Induk Wilayah.

Adi Priyanto memaparkan kegiatan ini merupakan perwujudan komitmen seluruh insan PLN dalam mengutamakan keselamatan pada setiap proses pekerjaan.

"Keselamatan bukan hanya menjadi tanggung jawab K3, melainkan harus menjadi tanggung jawab kita semua. Setiap pegawai, dari pekerja lapangan, pekerja operasional hingga pimpinan tertinggi memiliki peran besar dalam menjaga keselamatan kerja," katanya.

Baca juga: Dukung percepatan kendaraan listrik, PLN Jakarta tambah 43 SPKLU

Selain untuk meningkatkan kepedulian terkait budaya K3 di seluruh unit PLN, kegiatan ini juga sebagai wadah untuk mengajak pegawai dan mitra kerja melaksanakan pekerjaan dengan kualitas terbaik dan kembali pulang dengan One Piece, artinya lengkap, sehat, dan selamat demi keluarga di rumah sehingga harapan mencapai zero accident dapat terwujud dengan nyata.

Dalam kegiatan tersebut PLN menyiagakan pasukan Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) dan Pelayanan Teknik (Yantek) serta menggelar peralatan.

Mengecek kelengkapan personel, General Manager PLN Unit Induk Distribusi (UID) Jawa Timur, Agus Kuswardoyo berharap  kegiatan inspeksi terus dilakukan secara rutin untuk meningkatkan pengawasan dalam implementasi pekerjaan dan penerapan K3 di lapangan.

"Peringatan Bulan K3 Nasional tahun ini di Jawa Timur diwarnai beragam kegiatan. Mulai dari sosialisasi dan edukasi keselamatan kerja kepada pegawai maupun masyarakat, donor darah, apel K3, penanaman pohon produktif, senam pekerja sehat, seminar K3 dan program charity," ujar Agus.

Baca juga: Gubernur Banten ingatkan perusahaan perkuat K3, dongkrak produktivitas

Ia berharap melalui rangkaian kegiatan tersebut dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan kerja baik di lingkungan internal maupun eksternal serta menerapkan prinsip kehati-hatian dalam implementasinya.

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024