Nanning (ANTARA) - Jembatan Tian'e Longtan, jembatan lengkung beton bertulang baja dengan panjang bentang lebih dari 600 meter, resmi dibuka untuk umum pada Kamis (1/2) di Daerah Otonom Etnis Zhuang Guangxi, China selatan.

Jembatan di atas Sungai Hongshui, yang terletak di wilayah Tian'e di Kota Hechi, Guangxi, merupakan jembatan empat lajur dua arah dengan total panjang 2.488,55 meter. Jembatan ini merupakan jembatan lengkung beton bertulang baja terpanjang di dunia dalam hal bentang lengkungnya.

Pembukaan Jembatan Tian'e Longtan menandai rampungnya pembangunan Jalan Bebas Hambatan Nantian yang menghubungkan wilayah Nandan dengan wilayah Tian'e di Guangxi yang memangkas waktu tempuh dari 1,5 jam menjadi 40 menit jika menggunakan mobil. Pembangunan struktur utama jembatan tersebut dimulai pada Desember 2020.

Rampungnya pembangunan Jembatan Tian'e Longtan akan menjadi tonggak sejarah dalam evolusi jembatan lengkung beton. Berbagai tantangan berhasil diatasi dan sejumlah inovasi berhasil dicapai selama pembangunan jembatan itu, membuka jalan bagi pengembangan jembatan lengkung beton di masa mendatang, terutama penggunaannya di jalan raya pegunungan dan jalur kereta, kata Zheng Jielian, seorang akademisi dari Akademi Teknik China (Chinese Academy of Engineering). 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024