Peringatan Bulan K3 merupakan momentum menjadikan K3 sebagai budaya kerja
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan pentingnya kesadaran keselamatan dan kesehatan kerja bagi para petugas Pemilu 2024 dalam rangka Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) yang diperingati setiap 12 Januari hingga 12 Februari.

"Kesehatan dan keselamatan kerja harus kita jaga, mengingat saat ini kita juga akan menyelenggarakan Pemilu, sehingga kesehatan bagi para petugas Pemilu itu sangat penting untuk kita perhatikan," kata Direktur Kesehatan Usia Produktif dan Lanjut Usia Kemenkes Nida Rahmawati dalam diskusi yang diikuti secara daring di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, peningkatan kesadaran K3 di setiap kegiatan mutlak diperlukan dalam mewujudkan pembudayaan K3 dengan mendorong partisipasi aktif semua pihak untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

"Pagi ini, secara serentak di seluruh Puskesmas di Indonesia menyelenggarakan senam bersama petugas Pemilu agar terjaga kesehatannya, karena mereka akan bekerja cukup berat di saat pemungutan dan penghitungan suara," kata Nida ​​​​​​.

Baca juga: Menaker mencanangkan Bulan K3 Nasional 2024 di Smelter Freeport Gresik
Baca juga: Gubernur Khofifah terus ajak Dudika Budayakan K3


​​​​​Momentum Bulan K3 ini, menurutnya, penting untuk mewujudkan budaya kerja yang aman dan layak untuk menciptakan lingkungan kerja yang layak untuk menjamin keselamatan pekerja.

"Perlindungan kesehatan pekerja merupakan tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, masyarakat, maupun dunia usaha dan swasta. Peringatan Bulan K3 merupakan momentum menjadikan K3 sebagai budaya kerja dan objek prioritas agar tercipta pekerjaan yang aman dan layak sehingga terjamin keselamatan jiwa dan kesehatan pekerja," tuturnya.

Selain itu, Nida juga menekankan pentingnya perlindungan bagi pekerja wanita dan pemahaman atau kesadaran pentingnya K3 bagi wanita.

"Pekerja, utamanya wanita sangat mendukung ekonomi bangsa ini, karena jumlah pekerja Indonesia itu, 60 persen laki-laki dan 40 persen wanita," katanya.

Baca juga: Sambut Bulan K3 Nasional, Jasa Marga gelar seminar keselamatan konstruksi
Baca juga: Selama 2023, kecelakaan kerja di Kepri mencapai 6.000 kasus


Selain mendukung ekonomi, menurut Nida, pekerja wanita di usia reproduksi yang juga akan melahirkan generasi penerus bangsa sehingga kesehatan pekerja wanita juga menentukan kemajuan bangsa.

Sebelumnya, Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah telah mencanangkan peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional di kawasan Smelter PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

"Pada tahun ini, tema utama Bulan K3 Nasional adalah Budayakan K3, Sehat dan Selamat dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha," kata Ida Fauziyah.

Ida Fauziyah menjelaskan, tema tersebut adalah bagian dari upaya pemerintah untuk secara terus-menerus mengingatkan, mengajak, dan menggelorakan semangat dan budaya penerapan K3 di tempat kerja, akan turut mendorong terciptanya kemandirian berbudaya K3.

Baca juga: Pj Gubernur NTB ajak dunia usaha ciptakan lingkungan kerja aman
Baca juga: Gubernur Banten ingatkan perusahaan perkuat K3, dongkrak produktivitas

Pewarta: Lintang Budiyanti Prameswari
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2024