Cirebon (ANTARA News) - Minat menjadi tenaga kerja Indonesia (TKI) di daerah Pantura Kabupaten Cirebon, Jawa Barat, masih cukup tinggi.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi H Deni Agustin SE kepada wartawan di Cirebon, Jumat, mengatakan minat menjadi TKI di daerah Pantura Kabupaten Cirebon masih tinggi, tahun 2012 sekitar 9.800 sudah diberangkatkan.

Menjadi TKI menjadi pilihan warga Pantura Cirebon, kata dia, alasan mereka bervariasi mulai dari kesulitan bersaing mendapatkan pekerjaan, hingga upah tinggi menjadi pemicu keberangkatan mereka.

Setiap tahun jumlah keberangkatan TKI asal Cirebon ke berbagai negara seperti ArabSaudi, Taiwan, Korea, Singapura meningkat, pada tahun 2011 sekitar 4.000 kini mencapai 9.800 orang.

Sementara itu Yono salah seorang calon TKI di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Tranmigrasi Cirebon menuturkan, terpaksa mendaftarkan diri menjadi TKI karena sulit mendapatkan pekerjaan, selain itu upah di luar negeri seperti Korea dan Taiwan tinggi dibandingkan di Cirebon.

Menurut dia, hanya berbekal ijazah Sekolah Menengah Pertama mencoba mendaftarkan diri menjadi TKI, harapannya bisa berangkat dan bekerja karena di Cirebon semakin ketat persaingan mencari lowongan kerja.

Hartati mantan TKI yang ingin berangkat kembali mengaku, menjadi buruh harian lepas di Cirebon hanya cukup untuk kebutuhan hidup, karena upah rendah berbeda sewaktu di Taiwan gajinya memuaskan.

(KR-EJS/Y003)

Pewarta: Enjang S
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013