Melalui kegiatan ini kami ingin memotivasi tenaga kerja muda agar menjadi talenta yang aktif dalam pengembangan karir dan keterampilan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) menyelenggarakan Naker Fest 2024 di Jakarta untuk menjadi sarana interaksi antara Kemnaker dan masyarakat, terutama yang masuk dalam Generasi Z.

"Naker Fest 2024 hadir sebagai wadah interaktif dan komunikatif untuk mendekatkan Kemnaker dengan masyarakat, memperlihatkan keberhasilan serta capaiannya, sekaligus memberikan informasi relevan kepada talenta muda dan masyarakat umum," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemnaker Anwar Sanusi dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Kegiatan Naker Fest 2024 akan diselenggarakan di Pos Bloc, Jakarta Pusat, pada Sabtu (3/2). Kegiatan besok akan diisi dengan talkshow, pameran stan, penampilan musik, Talent X, dan lomba stand up comedy.

Selain sebagai ruang komunikasi interaktif antara Kemnaker dengan para pemuda yang masuk dalam angkatan kerja, kata dia, Naker Fest 2024 bertujuan juga memberikan informasi-informasi terkini seputar kebijakan ketenagakerjaan kepada masyarakat.

Baca juga: Sekjen: Kemnaker punya empat program untuk angkatan kerja muda

"Melalui kegiatan ini kami ingin memotivasi tenaga kerja muda agar menjadi talenta yang aktif dalam pengembangan karir dan keterampilan," ujarnya.

Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per Agustus 2023, terdapat 139,85 juta orang atau 94,68 persen dari total 147,71 juta angkatan kerja di Tanah Air yang sudah masuk dalam pasar kerja.

Dari jumlah yang sudah bekerja, 96,39 juta orang bekerja penuh waktu, 34,12 juta orang bekerja paruh waktu, dan 9,34 juta orang bekerja kurang dari 35 jam dalam sepekan.

Jumlah pengangguran turun dibandingkan tahun sebelumnya sebesar 580 ribu orang menjadi 7,86 juta orang per Agustus 2023. Pengangguran pada periode yang sama pada 2022 tercatat 8,24 juta orang.

Baca juga: Kemnaker sebut terbatasnya lapangan kerja tantangan bonus demografi
Baca juga: Kemnaker: Pandemi berdampak besar ke angkatan kerja menengah ke bawah


Pewarta: Prisca Triferna Violleta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024