Jakarta (ANTARA) - Relawan Program Gotong-Royong Untuk Ekonomi Sejahtera dan Inklusif (Progresif) bersama Komunitas Penguin memungut sampah di kawasan Bulungan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, untuk memeriahkan kampanye Ganjar-Mahfud. 

"Inisiasi kampanye hijau itu dilakukan untuk mengisi acara para relawan Ganjar-Mahfud yang bertajuk 'Hajatan Rakyat Indonesia B3rgema' di Bulungan," kata Direktur Nasional Relawan Progresif Eka Sastra kepada wartawan di Jakarta, Jumat.

Eka menuturkan kegiatan ini mengangkat tema "Kampanye Hijau: Bersama Relawan Progresif, Wujudkan Gelora Bung Karno dan Lestari 3 Februari 2024".

Dia menyebutkan, kegiatan ini penting untuk memberikan penyadaran bagi kalangan milenial agar tetap peduli pada isu-isu lingkungan. Salah satunya dengan memungut sampah-sampah di kawasan tersebut.

“Milenial kita bisa terlibat untuk merawat bumi yang sesuai dengan visi Pak Ganjar yang ingin merawat bumi dan menjaga alam,” katanya.

Baca juga: Polisi siapkan 2.579 personel amankan kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Dalam kegiatan itu para anggota berkostum dan aksesoris pinguin berkeliling kawasan Bulungan untuk memungut sampah-sampah yang bertebaran.

Mereka menyisir dan memungut sampah-sampah di trotoar dan milik pengunjung gerai Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di kawasan Bulungan.

Relawan Progresif dan Komunitas Penguin berhasil mengumpulkan 18 kantong besar berisi sampah di kawasan Bulungan.

"Kami adopsi habitat penguin yang memang hidup berkoloni dan berarti gotong-royong, maka kami mengkampanyekan kampanye hijau,” ujar Sekretaris Humas Progresif Andrian Cader.

Baca juga: Ribuan kader dari Jakpus siap meriahkan kampanye Ganjar-Mahfud di GBK

Andrian menegaskan, Komunitas Pinguin akan menjadi garda terdepan pemungut sampah dalam acara Kampanye Akbar Ganjar-Mahfud di Gelora Bung Karno, Sabtu (3/2).

Ia menyadari pentingnya menciptakan lingkungan yang bersih dan berkelanjutan serta kesadaran lingkungan dalam berpolitik dan bersosialisasi.

Rangkaian kegiatan dalam "Hajatan Rakyat: Indonesia Berg3ma":terdiri dari musik dan DJ, Flashmob, cukur rambut gratis, makan gultik gratis, kacamata baca bagi yang membutuhkan, minum kopi gratis dan penampilan marching band.

Seluruh rangkaian kegiatan ini membawa pesan kepada rakyat Indonesia bahwa Ganjar- Mahfud adalah yang terbaik bagi Indonesia.

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024