Pada hari Jumat kapal-kapal itu berpatroli di wilayah perairan sekitar Kepulauan Diaoyu
Tokyo (ANTARA News) - Empat kapal penjaga pantai China memasuki perairan dekat kepulauan Laut China Timur yang menjadi sengketa antara China dan Jepang, demikian dilaporkan Xinhua, Sabtu.

Mengutip Badan Kelautan Negara, Xinhua mengatakan bahwa "Pada hari Jumat kapal-kapal itu berpatroli di wilayah perairan sekitar Kepulauan Diaoyu", yang Jepang klaim sebagai Senkaku.

Satu laporan oleh Kantor Berita Jepang Jiji mengatakan kapal-kapal itu memasuki perairan sekitar Uotsurijima, salah satu dari lima pulau, pada sekitar pukul 20.15 waktu setempat, dan tinggal di sana selama dua jam.

Penerobosan itu terjadi pada saat Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe mendesak Presiden China Xi Jinping untuk menata ulang hubungan antar kedua kekuatan ekonomi terbesar Asia itu saat mereka bertemu pada sela-sela KTT G20 di Rusia.

Ini adalah yang terbaru dalam serangkaian penerobosan oleh kapal-kapal China dalam catatan sengketa sepanjang tahun.

Pulau-pulau yang diyakini memiliki cadangan sumber daya alam yang luas di dasar laut itu dipandang para pengamat sebagai titik api konflik yang sangat potensial, dan bisa berujung konflik bersenjata.

(H-AK/H-RN)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013