Banyuwangi (ANTARA) - Ratusan orang dari perwakilan Kebhinnekaan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu, mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Ketua Relawan Prabowo-Gibran Wilayah Tapal Kuda, Kompol (Purn) Edy Sudarto mengatakan, deklarasi dukungan dari perwakilan Kebhinnekaan di kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu makin menambah optimisme kemenangan pasangan Capres - Cawapres Prabowo-Gibran satu putaran pada Pemilihan Presiden 14 Februari 2024.

"Kami dari tim relawan Tapal Kuda (Banyuwangi, Situbondo, Bondowoso Jember) makin optimistis Bapak Prabowo dan Mas Gibran menang satu putaran," katanya.

Edy menjelaskan bahwa ratusan perwakilan Kebhinnekaan Banyuwangi itu mendeklarasikan dukungan untuk pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Prabowo-Gibran merupakan inisiatif mereka sendiri.

Deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran dari perwakilan Kebhinnekaan itu, katanya, karena warga yang hadir tersebut berasal dari berbagai pemeluk agama atau lintas agama.

"Alhamdulillah deklarasi haru ini di Banyuwangi sukses dan antusiasme masyarakat hadir benar-benar memberikan dukungan dan siap memenangkan Bapak Prabowo dan Mas Gibran," katanya.

"Sebagai ketua relawan, saya melihat perkembangan dari waktu ke waktu optimistis di wilayah Tapal Kuda bisa menang 65 persen," kata Edy menambahkan.

Sementara itu, Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikmah, Desa Purwodadi, Kecamatan Gambiran, Banyuwangi, Gus Ridwan mengatakan dukungan untuk Prabowo-Gibran berangkat dari hati nurani masyarakat di tingkat bawah.

"Kami mewakili masyarakat tingkat bawah yang merupakan akar rumput ini bersama-sama mendukung Pak Prabowo-Gibran ini karena memang memiliki kesamaan," ujarnya.

Selain itu, lanjut Gus Ridwan, Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dinilai oleh masyarakat akar rumput adalah sosok tokoh nasional yang memiliki ketulusan memperjuangkan nasib NKRI.

"Tulus dan ikhlas itulah yang sangat menyentuh masyarakat di bawah. Untuk strategi memenangkan Prabowo-Gibran kami bersama dengan para tokoh lintas agama juga tokoh masyarakat ini sudah membentuk tim untuk mengawal memenangkan Pak Prabowo, khususnya di Banyuwangi," kata Gus Ridwan.

Sementara Ketua Budhis Dharma Shanti Banyuwangi, Dirga Kusuma mengaku dari kalangan Buddhis (Budha) sudah merapatkan barisan dan disepakati bersama untuk mendukung Prabowo-Gibran.

"Sudah sampaikan tadi, paling saya ingat adalah, pernyataan Gus Dur, bahwa pemimpin paling ikhlas adalah Bapak Prabowo Subianto," ujarnya.

Dari pantauan, deklarasi dukungan untuk Prabowo-Gibran juga dihadiri Ketua Komisi Pembinaan Peranan Wanita Gereja Jawi (KPPW) Wetan Purwodadi, Sinar Yuniati.

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024