Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan para menteri Kabinet Presiden Joko Widodo dari kader PDI Perjuangan yang mengikuti kampanye Salam Metal, Menang Total saat hari libur, Sabtu, merupakan bentuk etika dalam pemerintahan.

Di Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu, mengatakan dukungan para menteri dari partai banteng moncong putih itu sudah tidak perlu diragukan lagi, karena telah ditunjukkan dengan mengikuti kampanye akbar untuk pemenangan pasangan calon Ganjar-Mahfud.

"Maka, ini harinya hari libur. Inilah yang kami sebut sebagai sebuah etika dalam pemerintahan. Sampai pada titik tertentu nanti, itu yang akan mereka lakukan," kata Ganjar.

Sementara itu, lanjut Ganjar, momen mundurnya calon wakil presiden Mahfud MD dari posisi menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam) di Kabinet Indonesia Maju juga merupakan wujud etika.

Baca juga: Ganjar serap aspirasi untuk permudah akses bagi perempuan di Indonesia

Begitu pula terhadap Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang mundur dari jabatan komisaris utama PT Pertamina (Persero) karena ingin memberikan dukungan politik bagi pasangan calon Ganjar-Mahfud.

"Dan etika kita mau berpihak agar bisa netral dan tidak terpengaruh oleh segala sesuatu yang berkaitan potensi melanggar ketentuan, maka pada saat itu mundur, itu sebuah etika," tambah Ganjar.

Menurut mantan gubernur Jawa Tengah itu, hal tersebut juga pernah dilakukan oleh kader PDI Perjuangan.

"Dan mudah-mudahan, ini bagian dari contoh agar kita tidak ada conflict of interest (konflik kepentingan)," tambahnya.

Hal itu justru memberikan contoh baik, karena saat ini akademisi hingga masyarakat sipil ikut bersuara.

Baca juga: Ganjar sangat optimistis gandeng Ahok untuk suara pemilih Jakarta

"Maka, jangan sampai demokrasi di kita berbahaya. Demokrasi in danger, itu bahaya. Maka, semua sekarang berbicara dan berkontribusi," ujarnya.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar: Undang-Undang Cipta Kerja perlu direvisi

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024