Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita politik sepekan terakhir menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, mulai dari Presiden Jokowi dan Prabowo Subianto makan bakso bersama hingga Mahfud MD mundur dari jabatan menko polhukam.

Berikut enam berita politik sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:


Jokowi dan Prabowo makan berdua di warung bakso Magelang

Presiden Joko Widodo mengajak Menteri Pertahanan Prabowo Subianto makan di warung bakso di Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin, usai meresmikan Graha Utama Akademi Militer Magelang.

"Ya ini kan tadi, ini kan baru saja saya dengan Pak Prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang, setelah itu, makan bakso, sudah," kata Presiden usai makan bakso dengan Prabowo, sebagaimana rekaman suara yang diterima di Jakarta, Senin.

Selengkapnya baca di sini


Presiden resmikan tujuh ruas jalan daerah di DIY

Presiden Joko Widodo meresmikan tujuh ruas jalan daerah di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang merupakan pelaksanaan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2023.

Berdasarkan siaran pers yang diterima di Jakarta, peresmian tersebut dipusatkan di Kabupaten Gunungkidul, DIY, Selasa.

Selengkapnya baca di sini


Mahfud: Saya tidak akan "tinggal glanggang colong playu"

Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD menegaskan dirinya akan berpamitan dengan baik-baik secara langsung kepada Presiden Joko Widodo saat mengundurkan diri dari jabatan sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menko polhukam).

"Karena kami diberi tugas dan menerima tugas dengan saling menghormati, maka saya tidak akan tinggal glanggang colong playu. Saya akan pamit baik-baik," kata Mahfud di Lampung, Rabu.

Selengkapnya baca di sini


Presiden sebut Mahfud Menko Polhukam terlama menjabat di kabinetnya

Presiden Joko Widodo menyebut Mahfud MD merupakan Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) yang menjabat paling lama di kabinetnya selama dua periode ini.

Hal itu disampaikan Presiden saat menerima Mahfud MD yang menyerahkan surat pengunduran diri sebagai menteri di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis, sebagaimana diungkapkan Mahfud MD usai pertemuan itu.

Selengkapnya baca di sini


Presiden soal petisi akademisi: Itu hak demokrasi

Presiden Joko Widodo menekankan petisi dari beberapa akademisi dari sejumlah universitas terkait dengan pemerintahannya sebagai sebuah hak berpendapat dan berdemokrasi.

"Ya, itu hak demokrasi, setiap orang boleh berbicara, berpendapat, silakan," kata presiden singkat usai menghadiri pembukaan Kongres XVI GP Ansor di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta, Jumat.

Selengkapnya baca di sini


Megawati tegas minta aparat tidak intimidasi rakyat

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri dengan tegas meminta kepada aparat TNI dan Polri untuk tidak melakukan intimidasi terhadap rakyat, termasuk simpatisan partainya.

"Hei polisi, jangan lagi intimidasi rakyatku. Hei tentara, jangan lagi intimidasi rakyaktku. PDI Perjuangan adalah partai sah di republik ini. Artinya, (PDI Perjuangan) diizinkan untuk mengikuti yang namanya pemilu, pemilihan umum langsung adalah hak rakyat, bukan kepunyaan kalian. Ingat!" kata Megawati saat kampanye akbar Ganjar-Mahfud "Salam Metal" di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024