Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut satu, Muhaimin Iskandar, menyatakan, dukungan dari alumni PTIQ dan IIQ jadi semangat untuk Anies-Muhaimin (AMIN) untuk mewujudkan perubahan.

"Saya sangat terharu dan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh para keluarga alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) dan alumni Institut Ilmu Alquran (IIQ)," katanya di Kantor DPP PKB, Jakarta, Minggu.

Keluarga Besar Alumni PTIQ dan IIQ Jakarta mendeklarasikan dukungan pada pasangan capres-cawapres nomor urut satu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

Baca juga: KPU ingatkan 10 hari lagi pemungutan suara Pilpres 2024

"Kami dari Keluarga Besar Alumni Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) Jakarta dan Keluarga Besar Alumni Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta, dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim mendeklarasikan dukungan kepada AMIN. Kami telah melakukan pengawalan di lingkungan masyarakat masing-masing dan siap lahir batin berjuang memenangkan AMIN dalam pemilihan presiden (Pilpres) 14 Februari 2024," demikian bunyi pernyataan deklarasi dukungannya.

Muhaimin pun menyampaikan terima kasih dan bersyukur atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan. Menurut dia, dukungan itu merupakan perintah sekaligus amanat bagi AMIN, untuk terus berjuang mewujudkan perubahan untuk semua.

"Ini berkah yang luar biasa buat kami berdua, dan amanat yang diberikan jelas, mandat-mandat, perintah-perintah, kepada pembaruan, perubahan, dari agenda pembangunan nasional," katanya menegaskan.

Baca juga: Pakar: Kentungan perubahan gerakan kreatif dari Timnas AMIN

Sementara itu, KH Ghazali Abbas Adam menyampaikan bahwa PTIQ dan IIQ telah menghasilkan banyak alumni sejak didirikan 53 tahun lalu. Alumni PTIQ dan IIQ, lanjutnya, telah banyak tersebar dengan berbagai profesi seperti qori hingga hafidz Alquran.

"Perguruan Tinggi Ilmu Alquran (PTIQ) ini berdiri sekitar tahun 1971 dan di seluruh Indonesia sampai saat ini kurang lebih sudah berumur kurang lebih 53 tahun maka sudah banyak menghasilkan alumni-alumni baik qori maupun qoriah, hafidz hafidzah, demikian juga Institut Ilmu Alquran yang merupakan adik kandung daripada Perguruan Tinggi Ilmu Alquran," jelasnya.

Komisi Pemilihan Umum pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu 2024.

Baca juga: AMIN ingin perkuat UMKM agar pertumbuhan ekonomi merata

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Berdasarkan PKPU Nomor 78/2024, kampanye akbar adalah sebutan untuk kampanye rapat umum. KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Timnas AMIN ajak masyarakat tak takut dengan perubahan

Pewarta: Fauzi
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024