"Paparan Pak Prabowo dari A sampai Z masuk akal dan mudah dimengerti oleh saya dan tentu mudah dimengerti juga masyarakat di seluruh Indonesia,"
Jakarta (ANTARA) - Sekelompok pemengaruh di media sosial (influencer) pendukung Prabowo-Gibran menilai paparan yang disampaikan Calon Presiden Nomor Urut 02 Prabowo Subianto dalam debat kelima mudah dipahami.

Oleh karena itu, mereka meyakini para pemilih yang awam dengan politik dapat menangkap gagasan dari pasangan Prabowo-Gibran terutama yang disampaikan dalam sesi debat kelima Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta (JCC), Senayan, Jakarta, Minggu.

"Paparan Pak Prabowo dari A sampai Z masuk akal dan mudah dimengerti oleh saya dan tentu mudah dimengerti juga masyarakat di seluruh Indonesia," kata Marshel, komika sekaligus influencer yang tergabung dalam Kreator Indonesia Maju, saat ditemui di lokasi nonton bareng (nobar) debat di kawasan SCBD, Jakarta, Minggu (4/2).

Marshel pun meyakini banyak pemilih yang awam dengan politik dapat mengetahui visi, misi, serta program-program kerja prioritas pasangan Prabowo-Gibran dengan menyimak jalannya debat.

Dalam acara nobar, yang digelar oleh Kreator Indonesia Maju, tidak hanya deretan influencer, artis, komika yang hadir, tetapi ada juga Dito Ariotedjo, yang saat ini masih aktif sebagai menteri pemuda dan olahraga. Deretan influencer dan artis yang hadir acara nobar debat itu, antara lain Zee Zee Shahab, Gita Sinaga, Alshad Kautsar Ahmad, Praz Teguh, dan Marshel Widianto.

Di lokasi yang sama, pemain film dan serial televisi Gita Sinaga memuji penampilan tiga calon presiden yang tidak menampilkan aksi saling serang dan lebih mendepankan adu gagasan.

"Kalau biasanya di debat sebelumnya dua pasangan calon lain menyerang Pak Prabowo, tetapi di debat kali ini dua-duanya menyadari kalau menyerang itu bisa mengurangi elektabilitas," kata Gita.

Gita menilai Prabowo menunjukkan sikap apa adanya terutama saat dia menyampaikan setuju atas pandangan dua rivalnya manakala memang punya pikiran yang sama terhadap persoalan tertentu.

"Pak Prabowo selalu tampil rasional. Dia bilang setuju kalau sependapat dengan calon lain, tetapi kalau tidak setuju juga disampaikan. Jadi, dalam kompetisi harus tetap rasional," kata Gita.

Di lokasi nonton bareng, Kreator Indonesia Maju — kelompok influencer, komika, dan pembuat konten di media sosial (content creator) pendukung Prabowo-Gibran — juga menggelar acara lain, di antaranya lomba stand-up dan acara bincang-bincang (talkshow) membahas masa depan profesi contect creator manakala pasangan calon nomor urut 02 terpilih di Pemilu 2024.

Debat kelima yang diikuti tiga capres malam ini menjadi rangkaian penutup acara debat yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU RI). Lima sesi debat yang diikuti secara bergantian oleh capres dan cawapres merupakan forum resmi yang digelar oleh KPU untuk tiga pasangan calon berkampanye dan adu gagasan. Debat-debat sebelumnya berlangsung pada 12 Desember 2023, 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, dan 21 Januari 2024.

Debat terakhir itu mengangkat tema-tema seperti pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

KPU RI menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 01, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 02, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 03.

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024