di Cirebon, saya minta matanya yang dicoblos
Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep mengajak warga pemilih Jakarta Selatan untuk mencoblos mulut kakaknya, calon wakil presiden nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka, pada surat suara Pilpres 2024 di hari pemungutan suara pada 14 Februari nanti.

"Saya cuma mau minta kepada Bapak, Ibu semua yang ada di Jakarta, ini lho mulutnya Mas Gibran. Kalau saya orang Jawa, ngomongnya lambene dicoblos. Nah, ini nanti saya minta tolong mulutnya Mas Gibran ini, ya, dicoblos," kata Kaesang dalam kampanye akbar PSI Mawar Melawan di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, Senin.

Kaesang mengatakan ajakan mencoblos pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka di bagian khusus Gibran itu memiliki maksud tersendiri.

"Jadi, biar saya tahu kalau, oh, yang mulutnya dicoblos, itu (yang milih) warga Jakarta. Kalau kemarin, di Cirebon, saya minta matanya yang dicoblos; jadi biar beda," kata Kaesang dengan diikuti gelak tawa dari para pendukung yang hadir.

Selain mengajarkan cara pencoblosan di surat suara Pilpres 2024, Kaesang juga memaparkan cara mencoblos surat suara caleg DPR.

Baca juga: Presiden kongko bareng Kaesang dan PSI di Braga Bandung

"Nanti, kalau buka surat suara, cari burung, di atasnya burung itu ada PSI. Di KPU, itu punya maskot, maskotnya burung. Nah, cari burung itu, di atasnya PSI," kata Kaesang sambil berkelakar.

Putra bungsu Presiden Joko Widodo itu pun turut mengenalkan beberapa caleg PSI Dapil Jakarta, di antaranya Ade Armando dan Francine Widjojo, yang telah berkampanye terlebih dahulu.

Di penghujung acara, seorang warga berteriak meminta jaket dan topi berlogo PSI yang dikenakan Kaesang. Dengan penuh tawa, Kaesang pun memberikan jaket dan topinya kepada kerumunan warga.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga peserta Pilpres 2024, yakni pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye Pemilu 2024 berlangsung mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Setelah masa kampanye, ada masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara berlangsung serentak pada 14 Februari 2024.

Baca juga: Presiden Jokowi nikmati malam di Braga dengan sambutan antusias warga

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2024