Jakarta (ANTARA) - Panelis debat kelima Pilpres 2024 Paschalis Maria Laksono mengatakan hanya Ganjar Pranowo yang mampu menyelami ranah inspirasi untuk kehidupan bersama di tengah kasus seniman Butet Kartaredjasa.

"Hanya paslon (pasangan calon) 3 (Ganjar) mampu menyelami ranah gagasan atau ranah inspirasi untuk kehidupan bersama meski dengan kasus proses kreasi seni (Butet) yang terbelenggu," ujar Laksono saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Senin.

Guru Besar Antropologi Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada itu pun menilai pengertian tentang kebudayaan masih terlalu dangkal dan terbatas pada urusan material.

Oleh karena itu, dia menilai jawaban Ganjar nyaris sempurna saat merespons tema kebudayaan. "Kalau yang jawabannya nyaris sempurna atas pertanyaan saya hanya nomor tiga (Ganjar)," katanya.

Baca juga: Panelis debat sebut jawaban Ganjar soal kebudayaan nyaris sempurna

Sebelumnya, calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan bahwa birokrat cukup memfasilitasi kebutuhan pelaku seni sehingga pelaku seni tinggal mengerjakan tugasnya.

"Birokrat itu cukup fasilitasi saja. Para pelaku seni, budayawan, dialah yang mengerjakan. Maka budaya akan tumbuh dan pemerintah akan bisa melihat bagaimana proses kreatif itu berjalan. Apakah itu nyanyi, apakah filmmakers (pembuat film), apakah itu para pencipta, penulis buku. Semuanya," kata Ganjar pada debat terakhir Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Minggu (4/2) malam.

Selain itu, Ganjar mengatakan pelaku seni harus dilindungi oleh pemerintah, dan pemerintah tidak perlu takut dengan mereka.

Ganjar juga mengatakan bahwa pemerintah memerlukan kritik dari pelaku seni sehingga, menurut dia, kebebasan berekspresi oleh pelaku seni tetap diperlukan.

Baca juga: Ganjar banyak sebut soal bansos hingga "stunting" di debat terakhir

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta pada 4 Februari 2024.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Baca juga: Ganjar curi hati dengan varsity, pertegas komitmen untuk generasi muda
Baca juga: Ahli: Para capres tidak kaitkan kesehatan dengan lingkungan saat debat
Baca juga: Kampanye hari ke-70, Ganjar ke Bekasi dan Mahfud ke Bangkalan

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024