Saat pengusulan awal, ada 12 usulan proposal dari 12 program studi di Unhas yang masuk, lalau dilakukan seleksi internal untuk pengajuan lima propasal ke tingkat nasional
Makassar (ANTARA) - Tiga Program Studi di Universitas Hasanuddin dinyatakan lolos kelayakan verifikasi Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) oleh Kementerian Pendidikan Tinggi, Riset dan Teknologi (Diktiristek) senilai Rp5,7 miliar.

Wakil Rektor Bidang Akademik Unhas Prof drg Muhammad Ruslin MKes PhD SpBM (K) di Makassar, Senin, mengatakan ketiga prodi yang lolos tersebut adalah Prodi Ilmu dan Teknologi Pangan, Peternakan, dan Agroteknologi.

Baca juga: Badan Karantina dorong program Stranas PK di Unhas

“Saat pengusulan awal, ada 12 usulan proposal dari 12 program studi di Unhas yang masuk, lalau dilakukan seleksi internal untuk pengajuan lima propasal ke tingkat nasional. Nah, dari proposal yang diajukan tersebut, tiga prodi ini yang lolos dengan total usulan sekitar Rp5,7 miliar,” ujar Prof Ruslin.

Menurutnya, hibah Program Kompetisi Kampus Merdeka (PK-KM) 2024 ini ditujukan untuk memfasilitasi inisiasi transformasi pendidikan tinggi agar dapat berkontribusi secara aktif agar dapat meningkatkan daya saing bangsa melalui kerjasama erat dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) dan top world class universities (QS100 by subject)

PK-KM merupakan program kompetisi terbuka, dengan sistem seleksi berkelompok (tiered system) berdasarkan pada jumlah mahasiswa aktif dan akreditasi perguruan tinggi serta geografi/regional. PK-KM dapat mencakup program studi dan program di tingkat institusi (Institutional Support System/ISS).

Baca juga: Unhas dan KKP dorong ketahanan pangan sektor kelautan dan perikanan

Sejak tahun 2022, Universitas Hasanuddin sebagai salah satu perguruan tinggi terbaik di Indonesia telah ikut berpartisipasi pada PK-KM ini. Di tahun 2023, Unhas berhasil memenangkan hibah Institutional Support System (ISS) yang merupakan bagian dari PK-KM dan mendapatkan pendanaan untuk Program Studi Teknik Pertanian senilai Rp1,5 miliar.

Jika melihat proses seleksi tahun-tahun sebelumnya, kata WR I Unhas ini, prodi yang lolos kelayakan verifikasi biasanya sudah pasti lolos. “Hanya sisa penyesuaian anggaran pada proposal yang diusulkan,” tutup Prof Ruslin.

Baca juga: Rektor Unhas lepas 849 mahasiswa outbound MBKM Flagship 2024

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024