Nah, untuk itu, sebaliknya Pak Prabowo, karena pengalamannya di pertahanan, ya, hanya 'defense', 'defense', dan 'defense'
Jakarta (ANTARA) - Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto menilai Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menunjukkan kemampuan yang sama dalam Debat Kelima Pilpres 2024.

"Di situ Pak Ganjar Pranowo dan Pak Anies memang memiliki kemiripan karena memiliki basis, basis pengalaman sebagai gubernur yang banyak bersentuhan dengan persoalan rakyat," kata Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin.

Menurutnya, Prabowo Subianto terkesan defensif saat debat terakhir yang mengusung tema terkait kesejahteraan sosial, kebudayaan, pendidikan, teknologi informasi, kesehatan, ketenagakerjaan, sumber daya manusia, dan inklusi.

"Nah, untuk itu, sebaliknya Pak Prabowo, karena pengalamannya di pertahanan, ya, hanya defense, defense, dan defense (bertahan, red)," jelasnya.

Sementara itu, politisi muda PDI Perjuangan Aryo Seno Bagaskoro melihat Prabowo dalam debat kemarin menunjukkan penampilan yang kelelahan, karena melaksanakan kampanye yang semakin padat. Hal ini berdampak pada poin-poin yang disampaikan saat debat terkesan jauh dari persoalan masyarakat.

Baca juga: Cek fakta, benarkah klaim Ganjar ketimpangan digital di Indonesia sangat tinggi?

Baca juga: Pengamat: Isu peluang kerja belum dibahas mendalam di debat capres

Baca juga: Cek fakta, benarkah Jokowi minta tidak pilih pemimpin dengan rekam jejak pelanggar HAM pada 2019?


"Padahal, debat tadi malam itu adalah debat tentang urusan perut rakyat, debat tentang masa depan rakyat, debat tentang kesejahteraan. Tetapi yang disampaikan Pak Prabowo berulang kali, titik poin-nya adalah bicara, misalnya, narasi persatuan, tentang narasi bagaimana para elite bisa bersatu," ujar Seno.

Dia juga menyampaikan Prabowo sampai berulang kali menampilkan atau mengucapkan nama presiden-presiden sebelumnya. Seno mencatat Prabowo hanya satu kali menyebutkan nama Joko Widodo (Jokowi).

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan capres-cawapres peserta Pilpres 2024 yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Selepas debat pertama Pilpres 2024 pada 12 Desember 2023, debat kedua 22 Desember 2023, debat ketiga 7 Januari 2024, dan debat keempat pada 21 Januari 2024, KPU menggelar debat kelima di Balai Sidang Jakarta pada 4 Februari 2024.

Debat pemungkas Pilpres 2024 sekaligus menjadi debat ketiga yang mempertemukan para capres dan KPU menyelenggarakannya dengan tema meliputi pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, kebudayaan, teknologi informasi, serta kesejahteraan sosial dan inklusi.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024