Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas meminta agar jajaran di Kementerian PANRB memperkuat kolaborasi antar unit kerja demi percepatan target program yang sudah direncanakan.

“Kita ingin birokrasi berdampak dan bukan tumpukan kertas. Birokrasi harus lincah dan cepat. Karena itu transformasi di internal kita juga harus diperkuat dan ditata,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Senin.

Mantan kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) ini meminta agar internal Kementerian PANRB menguraikan dengan lebih tajam terkait langkah, tugas dan fungsi, maupun proses bisnis yang ada.

Dia juga membahas terkait berbagai agenda strategis Kementerian PANRB di tahun 2024 seperti progres penyusunan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) tentang Manajemen Aparatur Sipil Negara (ASN), Pengadaan CASN 2024, skenario perpindahan ASN ke Ibu Kota Nusantara (IKN), progres Layanan Aparatur Negara serta agenda strategis lainnya.

Adapun dalam kegiatan yang dihadiri para pejabat pimpinan tinggi madya dan pratama tersebut guna memastikan program di tahun 2024 berjalan sesuai target, seperti persiapan peluncuran INA Digital maupun pengadaan ASN di tahun 2024.

Selain itu, dipaparkan pula progres penyusunan rincian kebutuhan ASN di tahun 2024, perubahan substansi Peraturan Pemerintah untuk Jabatan Fungsional Utama, persiapan peresmian Mal Pelayanan Publik di sejumlah kota, hingga penataan kelembagaan di kementerian/Lembaga.

“Kita harus jemput bola agar semua target bisa tercapai dengan optimal. Kita harus serius dan kejar terus karena program yang sedang kita jalankan ini akan berdampak luas, tidak hanya bagi instansi pemerintah dan daerah, namun sampai ke masyarakat,” pungkasnya.
Baca juga: Menpan RB kenalkan lompatan transformasi digital RI di Internasional
Baca juga: Menpan RB: Survei integritas KPK jadi indikator budaya BerAKHLAK
Baca juga: Kemenpan RB matangkan skenario pemindahan ASN ke IKN

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024