Hal ini menunjukkan bahwa tembakau produksi Regional 4 kian diminati pasar ekspor
Surabaya, Jatim (ANTARA) - PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I Regional 4 menargetkan areal tanam tembakau kualitas ekspor pada musim 2024 seluas 750 ha, meningkat 75 ha dibanding musim sebelumnya.

Region Head PTPN I Regional 4 Subagiyo dalam keterangannya kepada wartawan di Surabaya, Jatim, Senin, mengatakan areal budi daya tembakau ekspor itu berada di wilayah Kebun Ajong Gayasan dan Kebun Kertosari, keduanya di Kabupaten Jember, Jawa Timur, serta Kebun Klaten, Jawa Tengah.

"Komoditas tembakau merupakan salah satu bisnis utama PTPN I Regional 4. Tahun ini rencananya luas lahan tembakau yang akan ditanam sekitar 750 hektare. Luasan tersebut meningkat 75 hektare jika dibanding prognosa luas tahun 2023," katanya.

"Pada komoditas tembakau, PTPN I Regional 4 juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerjanya, salah satunya terbukti dari peningkatan luasan tanam tembakau. Hal ini menunjukkan bahwa tembakau produksi Regional 4 kian diminati pasar ekspor," tambah Subagiyo.

Ia menyebut target produksi tembakau ekspor pada 2024 juga meningkat 13 persen dari tahun lalu menjadi 1.033 ton. Sedangkan, untuk produksi natural wrapper (NW) ditargetkan 32,1 persen, yang merupakan lembaran tembakau dengan kualitas top grade.

Subagiyo menjelaskan beberapa strategi yang dilakukan untuk mencapai target tersebut, yakni dari sisi on farm (budi daya) melalui percepatan penyediaan bahan dan barang kebutuhan sarana produksi, ditunjang dengan kebutuhan sarana di gudang pengering.

Selain itu, proteksi terhadap tanaman akan dilakukan secara intensif untuk menjaga dari serangan hama.

"Pengaturan pola tanam dan pola petik juga akan dilakukan supaya dapat mengoptimalkan isian gudang pengering serta memaksimalkan monitoring yang dilakukan," tambah Subagiyo.

Manajemen juga akan melakukan monitoring hasil pengolahan tembakau melalui prainspeksi bersama untuk mengecek kesesuaian dengan permintaan pasar. "Ini bertujuan meminimalisasi adanya rework dan reject oleh pembeli," tambahnya.

Produksi tembakau PTPN I Regional 4 dipasarkan ke sejumlah negara di Eropa dan Amerika.

Baca juga: PTPN X targetkan luas areal tanam tembakau 510 hektare
Baca juga: PTPN targetkan 16.000 ha program Peremajaan Sawit Rakyat di Kalbar
Baca juga: PTPN X ekspor 86.054 kg tembakau ke Eropa

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024