Menurut saya, itu (masuk) bucket list, sih, bagi setiap wisatawan. Bagi yang suka wisata
Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan Pink Beach di Pulau Padar, Nusa Tenggara Timur, untuk masuk bucket list atau tempat yang harus dikunjungi bagi wisatawan di Indonesia.

“Menurut saya, itu (masuk) bucket list, sih, bagi setiap wisatawan. Bagi yang suka wisata,” ujar Sandiaga Uno dalam jumpa pers mingguan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta, Senin.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika merespons Pink Beach, salah satu pantai yang berlokasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, yang masuk ke daftar 20 besar pantai terbaik dunia versi Lonely Planet. Lonely Planet merupakan buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia.

Sandiaga mengungkapkan bahwa ia sangat senang ketika mendengar kabar tersebut.

“Saat saya pertama kali (ke sana), akhir 90-an awal 2000-an, berenang di Pink Beach, saya masih merinding lihat gambar yang sekeren itu,” kata Sandiaga.

Terkait dengan kekhawatiran akan terjadi overtourism atau fenomena di mana destinasi wisata terlalu ramai dikunjungi oleh turis, Sandiaga mengatakan bahwa justru saat ini, kawasan Labuan Bajo masih masuk ke kategori undertourism.

Karena, tutur dia menjelaskan, dari segi kunjungan pada awal 2024, masih tergolong rendah. Kedatangan wisatawan baru menumpuk saat high season atau musim ramai, tepatnya ketika musim liburan.

“Kita harus punya kiat agar itu (wisatawan) nggak numpuk di high season,” ujar Sandiaga.

Oleh karena itu, ia mendorong berlangsungnya acara-acara seperti MICE atau meeting, incentive, convention, and exhibition (pertemuan, insentif, konvensi, dan pameran), wisata olahraga atau sport tourism, serta acara-acara lainnya yang dapat memberi kesempatan kepada destinasi Labuan Bajo untuk meratakan kunjungan wisatanya.

“Untuk memastikan kunjungan wisatawan tidak terpusat di high season, tetapi juga di low season,” kata Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga minta kepala daerah beri insentif usaha hiburan

Baca juga: Sandiaga optimistis dapat topang target pertumbuhan ekonomi 5,2 persen

Baca juga: Menteri Sandiaga naikkan target kunjungan wisman 2024 jadi 17 juta

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024