Serang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Serang, Banten, akan mendahulukan distribusi logistik pemilu untuk wilayah pulau terluar yakni Pulau Tunda dan Pulau Panjang.

Ketua KPU Kabupaten Serang, Muhammad Nasehudin, di Serang, Senin, mengatakan di wilayah Kabupaten Serang memiliki dua pulau terluar, yakni Pulau Tunda di Kecamatan Tirtayasa dan Pulau Panjang di Kecamatan Pulo Ampel.

"Dua wilayah pulau terluar tersebut menjadi perhatian dan akan diprioritaskan untuk didahulukan pengiriman logistik pemilu," katanya.

Ia mengatakan percepatan distribusi logistik ke wilayah kepulauan itu dilakukan untuk mengantisipasi cuaca ekstrem karena jarak tempuh ke pulau tersebut bisa menghabiskan waktu beberapa jam dan hanya bisa diakses menggunakan jalur laut.

"Di wilayah kepulauan ini pada bulan Februari 2024 masih kategori rawan terkait kondisi cuaca," katanya.

Ia mengatakan armada pengangkut logistik menuju pulau itu akan menggunakan kapal yang sudah dipastikan angkutan tersebut aman, sehingga logistik pemilu tiba di lokasi tujuan dengan selamat.

"Saat ini progres pengesetan yang sudah dilakukan oleh KPU Kabupaten Serang sudah ada untuk 10 TPS dan akan langsung didistribusikan ke kecamatan," katanya.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan KPU Provinsi Banten terkait distribusi logistik pemilu ke wilayah terluar tersebut karena keadaan cuaca saat ini mulai memasuki musim penghujan.
 

Pewarta: Desi Purnama Sari
Editor: Laode Masrafi
Copyright © ANTARA 2024